Pengaruh Persepsi Pelaku Umkm Tentang Akuntansi, Pengetahuan Akuntansi Skala Usaha Dan Tingkat Pendidikan Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi

(Studi Empiris Umkm Desa Jembangan, Kecamatan Punggelan, Banjarnegara)

  • Suntiah Suntiah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
  • Sri Hartiyah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
  • Bahtiar Efendi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
  • Supriyono Supriyono Politeknik Sawunggalih Aji, Kutoardjo
  • Yuniar Laeli Nur Faizah STIMIK Tunas Bangsa, Banjarnegara
  • Ika ‘Asaliatun Amalia Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
Keywords:
Persepsi Pelaku UMKM Tentang Akuntansi, Pengetahuan Akuntansi, Skala Usaha, tingkat pendidikan, Penggunaan Informasi Akuntansi.

Abstract

Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi pelaku UMKM tentang akuntansi, pengetahuan akuntansi, skala usaha dan tingkat pendidikan terhadap penggunaan informasi akuntansi pada pelaku UMKM di desa Jembangan, Kecamatan Punggelan,  Kabupaten Banjarnegara. Variabel independen dalam penelitian ini adalah persepsi pelaku UMKM tentang akuntansi, pengetahuan akuntansi, skala usaha dan tingkat pendidikan. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah penggunaan informasi akuntansi. Metode - Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang disebar kepada pelaku UMKM di desa Jembangan, Kecamatan Punggelan,  Kabupaten Banjarnegara. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 127 responden diambil dengan metode purposive sampling dan menggunakan teknik analisis regresi linear berganda dengan bantuan perangkat lunak SPSS Statistics v.25.

Hasil Penelitian - Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa persepsi pelaku UMKM tentang akuntansi, pengetahuan akuntansi dan skala usaha memiliki pengaruh positif terhadap penggunaan informasi akuntansi. Sedangkat Tingkat Pendidikan tidak berpengaruh signifikan terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi.

Keterbatasan - Dalam penelitian ini tidak terlepas dari keterbatasan yaitu penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi pelaku UMKM tentang akuntansi, pengetahuan akuntansi, skala usaha dan tingkat pendidikan yang merupakan variabel bebas yang mempengaruhi variabel penggunaan informasi akuntansi sebesar 61,2%. Artinya, masih terdapat 38,8% variabel bebas lainnya yang bisa mempengaruhi penggunaan informasi akuntansi yang tidak diteliti dalam penelitian ini.Pada saat membagikan kuesioner kepada responden banyak responden yang mengisi secara tergesa-gesa tidak seksama.

Agenda Penelitian Mendatang - Peneliti selanjutnya dapat mengembangkan penelitian ini dengan meneliti faktor-faktor lain contohnya pengalaman usaha yang dapat mempengaruhi penggunaan informasi akuntansi. selain itu peneliti selanjutnya juga dapat menggunakan metode lain contohnya dalam uji heterokedastisitas dapat menggunakan metode grafik dalam meneliti penggunaan informasi akuntansi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-02-29
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 112 times
PDF downloaded = 66 times