Pengaruh Persepsi Harga, Hambatan Berpindah, Retensi Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Le Minerale

(Study Pada Masyarakat Kabupaten Wonosobo)

  • Aji Ahadun Rojab Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
  • M. Trihudiyatmanto Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
  • Heri Purwanto Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
Keywords:
Persepsi Harga, Hambatan Berpindah, Retensi Konsumen, Loyalitas Konsumen

Abstract

Tujuan - Penelitian ini bertujuan Untuk mengidentifikasi faktor- faktor yang mempengaruhi Loyalitas Konsumen Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Le Minerale di Kabupaten Wonosobo. Medologi – Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah Masyarakat Kabupaten Wonosobo. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan rumus Taro Yamane dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknikanalisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis adalah Regresi Linear Berganda.

Hasil - Penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi harga, hambatan berpindah dan retensi konsumen berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Le Minerale di Kabupaten Wonosobo. Hal ini dapat dibuktikan dengan persepsi harga yang memiliki thitung 3,114 dengan nilai signifikan 0,002<0,05. Hambatan berpindah dibuktikan dengan thitung 2,197 dengan nilai signifikan 0,030<0,05. Retensi konsumen dibuktikan dengan thitung 2,508 dengan nilai signifikan 0,014<0,05.

Keterbatasan – Peneliti memperoleh data dengan menyebar kuisioner sehingga memungkinkan responden tidak jujur. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terbatas pada konsumen Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Le Minerale di Kabupaten Wonosobo.

Agenda Penelitian yang akan Datang – Penelitian ini dapat dijadikan referensi bagi penelitian selanjutnya dengan mengembangkan dan memperlihatkan variabel- variabel lain diluar penelitian ini. Penelitian mendatang dapat memperluas indikator lain dan lebih bervariasi sesuai dengan situasi serta objek penelitian. Mendampingi responden pada saat mengisi kuisioner, sehingga akan lebih mendapatkan hasil yang akurat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-12-26
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 208 times
PDF downloaded = 64 times

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4