Knowledge Management Capacity Dan Intellectual Capital Memediasi Pengaruh Knowledge-Based Human Resource Management (HRM) Terhadap Inovasi Produk Dan Proses

(Studi Pada UKM di Kabupaten Wonosobo)

  • Yusqi Mahfud Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
  • Heri Purwanto Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
Keywords:
Knowledge-based human resource management (HRM) practices, Knowledge management capacity, intellectual capital, inovasi produk dan proses

Abstract

Tujuan - Penelitian ini menguji pengaruh mediasi knowledge management capacity dan intellectual capital pada pengaruh knowledge-based human resource management (hrm) terhadap inovasi produk dan proses.  

Metode - Model penelitian beserta hipotesis dikembangkan dari literatur dan diuji berdasarkan data yang dikumpulkan melalui survei terhadap UKM yang ada di Kabupaten Wonosobo yang berjumlah 12 UKM dan sampel sebanyak 82 yang terdiri dari top manager dan midle manager. Data yang diperoleh dari kuesioner dianalisis melalui program Smart PLS 2.0.

Hasil - Hasil penelitian ini menunjukkan Variabel Knowledge-based human resource management (HRM) practices  secara individu mempunyai pengaruh positif terhadap variabel inovasi produk dan proses (H1 diterima). Variabel Knowledge-based human resource management (HRM) practices  secara individu mempunyai pengaruh positif terhadap variabel Intellectual capital (H2 diterima). Variabel Knowledge-based human resource management (HRM) practices  secara individu tidak mempunyai pengaruh terhadap variabel inovasi produk dan proses (H3 ditolak). Variabel Knowledge management capacity secara individu mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap variabel variabel Intellectual capital (H4 diterima). Variabel Knowledge management capacity secara individu mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap variabel variabel inovasi produk dan proses (H5 diterima). Variabel Intellectual capital secara individu mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel inovasi produk dan proses (H6 diterima). Knowledge management capacity dan Intellectual capital memediasi hubungan antara Knowledge-based human resource management (HRM) practices dan inovasi produk dan proses UKM (H7 diterima).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-06-29
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 213 times
PDF downloaded = 121 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>