Pengaruh Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran

(Studi Pada Sentra Industri Gula Merah Kecamatan Kawunganten Kabupaten Cilacap)

  • Ramadlan Falakhussyaifusoni Universitas Sains Al-Qur'an (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo
  • Heri Purwanto Universitas Sains Al-Qur'an (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo
  • M. Trihudiyatmanto Universitas Sains Al-Qur'an (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo
Keywords:
Orientasi Pasar, Inovasi Produk, Kinerja Pemasaran

Abstract

Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi pasar dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran (studi pada Sentra Industri Gula Merah Kecamatan Kawunganten Kabupaten Cilacap).

Metode – Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Sampling Jenuh atau Sensus. Jumlah sample yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menentukan seberapa banyak populasi yang ada dalam objek penelitian, dengan jumlah sample 16 pengusaha gula merah di Kecamatan Kawunganten. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS versi 22 for windows.

Hasil – Dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh positif orientasi pasar (X1) terhadap kinerja pemasaran (Y) dengan nilai thitung sebesar 2,219 dan nilai signifikansi 0,045. (2) Terdapat pengaruh positif inovasi produk(X2) terhadap kinerja pemasaran(Y) dengan nilai t hitung sebesar 4,202 dan nilai signifikansi 0,001.

Implikasi – Implikasi praktis dari penelitian ini diharapkan menjadi pendorong bagi para pengusaha gula merah di Kecamatan Kawunganten Kabupaten Cilacap untuk dapat mengembangkan usahanya dengan melakukan inovasi produk guna mengembangkan pasarnya.

Oriensinalitas – Makalah ini melihat beberapa faktor yang mempengaruhi orientasi pasar dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran (studi pada Sentra Industri Gula Merah Kecamatan Kawunganten Kabupaten Cilacap) dalam rangka memberikan gambaran kepada para pengusaha untuk mengambil keputusan yang berkaiatan dengan strategi bisnis mereka.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-02-05
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 290 times
PDF downloaded = 209 times

Most read articles by the same author(s)