Pengaruh Percaya Diri, Kemandirian dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha

(Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Program Universitas Sains Al-Qur’an Wonosobo Angkatan:2019)

  • Eni Candra Nurhayati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al-Qur'an Jawa Tengah di Wonosobo
  • Niko Andrean Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al-Qur'an Jawa Tengah di Wonosobo
  • Bahtiar Efendi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al-Qur'an Jawa Tengah di Wonosobo
Keywords:
percaya diri, kemandirian, lingkungan keluarga

Abstract

Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh Percaya Diri, Kemandirian dan Lingkungan Keluarga terhadap Minat Berwirausaha (studi kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al-Qur’an.

Metodologi - Data yang digunakan dalam penelitian ini dengan cara membagikan kuesioner secara langsung kepada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Populasinya adalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, pendapat Hair at el sampel ditetapkan 100 responden dengan penyebarannya menggunakan metode Proportional Random Sampling. Data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda, kemudian menggunakan uji statistik deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan pengujian hipotesis meliputi uji koefisien determinasi dan uji signifikansi koefisien regresi.

Hasil - Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Percaya Diri berpengaruh positif terhadap minat berwirausaha mahasiswa Fakuktas Ekonomi Universitas Sains Al-Qur’an, yang dibuktikan dengan variabel percaya diri memiliki thitung = 5,973 dengan ttabel =1,971896 dan variable kemandirian berpengaruh positif terhadap Minat berwirausaha mahasiswa Fakuktas Ekonomi Universitas Sains Al-Qur’an, yang dibuktikan dengan variabel kemandirian memiliki thitung =:8,202 dengan ttabel = 1,971896, serta lingkungan keluarga berpengaruh terhadap Minat berwirausaha mahasiswa Fakuktas Ekonomi Universitas Sains Al-Qur’an, yang dibuktikan dengan variabel lingkungan keluarga memiliki thitung = 5,168 dengan ttabel =1,971896 serta nilai signifikan 0,000<0,05.

Orisinalitas - Makalah ini melihat hubungan beberapa faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha pada mahasiswa:Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al-Qur’an Angkatan 2019.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-04-29
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 215 times
PDF downloaded = 164 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>