Going Concern UMKM Di Masa Pandemi, Faktor Apa Saja Yang Mempengaruhinya?

  • Susanti Susanti Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
Keywords:
Going Concern, Literasi Keuangan, Karakteristik Wirausaha, Lingkungan Eksternal, Strategi Bertahan, UMKM

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh literasi keuangan, karakteristik wirausaha, lingkungan eksternal, dan strategi bertahan terhadap going concern pada UMKM di Kabupaten Wonosobo pada mada pandemic covid-19. Penelitian ini merupakan jenis penelitan kuantitatif  dengan metode purposive sampling sebagai metode pangambilan sample. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 124 dengan sampel penelitian sebanyak 83 UMKM.

Berdasarkan olah data dengan menggunakan software SPSS dapat ditarik kesimpulan bahwa Literasi Keuangan berpengaruh Positif terhadap Going Concern, Karakteristik Wirausaha berpengaruh Positif terhadap Going Concern, Lingkungan Eksternal berpengaruh Positif terhadap Going Concern,  dan Strategi Bertahan berpengaruh Positif terhadap Going Concern.

Penelitian ini menggunakan data primer dengan memberikan kuesioner kepada  responden yang tercatat di Disperindag dan masih akkif beroperasi sampai pada tahun penelitian. Responden dalam penelitian ini adalah UMKM pada klaster Carica di Kabupaten Wonosobo Provinsi Jawa Tengah.

Penelitian ini menguji hubungan antara beberapa faktor yang diduga mempengaruhi going concern pada UMKM carica di Kabupaten Wonosobo. Jumlah sampel yang ada menggambarkan perkembangan UMKM di Kabupaten Wonosobo.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-08-21
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 114 times
PDF downloaded = 115 times

Most read articles by the same author(s)