Pengaruh Etika Profesi, Profesionalisme, Gender, Dan Pengetahuan Mendeteksi Kekeliruan Terhadap Tingkat Materialitas Laporan Keuangan

  • Itsna Arief Ardhiansyah Universitas Sains Al-Qur'an (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo
  • Susanti Susanti Universitas Sains Al-Qur'an (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo
Keywords:
tingkat materialitas, etika profesi, profesionalisme, gender, pengetahuan mendeteksi kekeliruan

Abstract

Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh etika profesi, profesionalisme. gender, dan pengetahuan mendeteksi kekeliruan terhadap tingkat materialitas laporan keuangan.

Metode – jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Karena data yang disajika berupa angka dan teknis analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda.

Hasil - Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa etika profesi berpengaruh positif terhadap tingkat materialitas laporan keuangan. Sedangkan profesionalisme, gender, dan pengetahuan mendeteksi kekeliruan tidak berpengaruh terhadap tingkat materialitas laporan keuangan.

Implikasi - Populasi dalam penelitian ini adalah Kantor Akuntan Publik terdaftar OJK di wilayah Semarang, dan teknik pengambilan sampel menggunakan convenience sampling. Sehingga didapat Sampel berjumlah 37 auditor yang bekerja di Kantor Akuntan Publik (KAP) terdaftar OJK di wilayah Semarang.

Oriensinalitas – Makalah ini melihat beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat materialitas laporan keuangan dalam rangka mengetahui berpengaruh atau tidaknya variabel etika profesi, profesionalitas, gender, dan pengetahuan mendeteksi kekeliruan terhadap variabel tingkat materialitas laporan keuangan, yang kemudian dapat dijadikan acuan untuk guna meminimalisir materialitas laporan keuangan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-02-05
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 131 times
PDF downloaded = 168 times