Pengaruh Pengelolaan, Keberagaman Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Koperasi Al-Azam
(Studi pada Santri Pondok Pesantren Ma’had Mambaul Qur’an)
Pengelolaan, Keberagaman Produk, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan
Abstract
Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh pengelolaan, keberagaman produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan koperasi Al-Azam (studi pada santri Pondok Pesantren Ma’had Mambaul Qur’an).Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara membagikan kuesioner secara langsung kepada pelanggan koperasi Al-Azam di pondok pesantren Ma’had Mambaul Qur’an.
Metode - Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling. Teknik non probability sampling yang digunakan penulis dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 80 para pelanggan koperasi Al-Azam di pondok pesantren Ma’had Mambaul Qur’an. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda, kemudian menggunakan uji statistik deskriptif, uji validitas dan uji reliabilitas. Uji asumsi klasik yang dilakukan adalah uji normalitas, uji multikolonieritas dan uji heteroskedastisitas. Uji F dan pengujian hipotesis meliputi koefisien determinasi dan uji signifikan koefisien regresi dengan taraf signifikan 5%.
Hasil - Berdasarkan hasil penelitian, pengelolaan, keberagaman produk dan kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggankoperasi Al-Azam di pondok pesantren Ma’had Mambaul Qur’an.