Pengaruh Pengelolaan, Keberagaman Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Koperasi Al-Azam

(Studi pada Santri Pondok Pesantren Ma’had Mambaul Qur’an)

  • Ari Susanto Universitas Sains Al-Qur'an (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo
  • Eni Candra Nurhayati Universitas Sains Al-Qur'an (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo
  • Bahtiar Efendi Universitas Sains Al-Qur'an (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo
  • Susanti Susanti Universitas Sains Al-Qur'an (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo
Keywords:
Pengelolaan, Keberagaman Produk, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh pengelolaan, keberagaman produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan koperasi Al-Azam (studi pada santri Pondok Pesantren Ma’had Mambaul Qur’an).Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara membagikan kuesioner secara langsung kepada pelanggan koperasi Al-Azam di pondok pesantren Ma’had Mambaul Qur’an.

Metode - Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling. Teknik non probability sampling yang digunakan penulis dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 80 para pelanggan koperasi Al-Azam di pondok pesantren Ma’had Mambaul Qur’an. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda, kemudian menggunakan uji statistik deskriptif, uji validitas dan uji reliabilitas. Uji asumsi klasik yang dilakukan adalah uji normalitas, uji multikolonieritas dan uji heteroskedastisitas. Uji F dan pengujian hipotesis meliputi koefisien determinasi dan uji signifikan koefisien regresi dengan taraf signifikan 5%.

Hasil - Berdasarkan hasil penelitian, pengelolaan, keberagaman produk dan kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggankoperasi Al-Azam di pondok pesantren Ma’had Mambaul Qur’an.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-02-26
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 118 times
PDF downloaded = 121 times

Most read articles by the same author(s)