Pengaruh Strategi Inovasi Dengan Dimensi Orientasi Kepemimpinan, Inovasi Proses, Inovasi Produk, Implementasi Inovasi Terhadap Kinerja Operasional UKM Sektor Makanan Dan Minuman Di Kabupaten Wonosobo
Strategi Inovasi, Orientasi Kepemimpinan, Inovasi Proses, Inovasi Produk, Implementasi Inovasi, Kinerja Operasional UKM
Abstract
Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan Pengaruh Strategi Inovasi Dengan Dimensi Orientasi Kepemimpinan, Inovasi Proses, Inovasi Produk, Implementasi Inovasi Terhadap Kinerja Operasional UKM Sektor Makanan Dan Minuman Di Kabupaten Wonosobo.
Metode – Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pelaku UKM di Wonosobo. Tehnik pengambilan sampel menggunakan Hair et al dengan jumlah sampel sebanyak 110 orang. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang kemudian di uji validitas dan rehabilitasnya. Tehnik analisis data yang digunakan adalah analisi regresi berganda.
Hasil - Hasil penelitian yang didapatkan dari uji t parsial diperoleh hasil bahwa variabel Pengaruh Orientasi kepemimpinan berpengaruh positif Terhadap Kinerja operasional UKM, Pengaruh Inovasi proses berpengaruh positif Terhadap Kinerja operasional UKM, Pengaruh Inovasi produk berpengaruh positif Terhadap Kinerja operasional UKM, Pengaruh Implementasi inovasi berpengaruh positif Terhadap Kinerja operasional UKM
Implikasi - Penelitian dapat menjadi pedoman pengambil kebijakan pada UKM tentang strategi Inovasi dan dimensinya terhadap kinerja operasional.