SISTEM PRESENSI KARYAWAN PT SAMUDERA RAYA ENGINEERING BERBASIS FACE RECOGNITION DENGAN METODE HAAR CASCADE CLASSIFIER

  • Siti Badriyah Universitas Sains Al-Qur’an
  • Erna Dwi Astuti Universitas Sains Al-Qur'an
  • Hidayatus Sibyan Universitas Sains Al-Qur'an
Keywords:
Presensi, Face Recognition, Haar Cascade Classifier

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah membangun sistem presensi Karyawan PT Samudera Raya Engineering Berbasis Face Recognition Dengan Metode Haar Cascade Classifier. Aplikasi Presensi dilakukan dengan cara karyawan melakukan swafoto secara real time, sehingga karyawan tidak perlu mengisi daftar hadir secara fisik (konvensional). Melalui Face Recognition, karyawan tidak bisa menitipkan presensi kepada karyawan yang lain karena dilakukan secara real time. Metode Haar Cascade Classifier dipilih sebagai algoritma pengenalan wajah yang digunakan pada sistem ini karena kecepatan dan akurasinya yang telah teruji dalam berbagai sistem aplikasi pengenalan wajah. Aplikasi presensi berbasis face recognition berhasil dibangun dengan akurasi 90% dalam mengenali wajah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] SITIO, Arjon Samuel; SINDAR, Anita. Sistem Identifikasi Biometrik Ekpresi Wajah Menggunakan Metode Transformasi Hough. Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi, 2020, 3.3.
[2] AL-AIDID, Sayeed; PAMUNGKAS, Daniel. Sistem Pengenalan Wajah dengan Algoritma Haar Cascade dan Local Binary Pattern Histogram. Jurnal Rekayasa Elektrika, 2018, 14.1: 62-67.
[3] DARMAWAN, Risanto. Perancangan Sistem Absensi menggunakan Face Recognition dengan Haar Cascade Classifier. Jurnal Jiifor December, 2022, 5.2.
[4] YULINA, Syefrida. Penerapan Haar Cascade Classifier dalam Mendeteksi Wajah dan Transformasi Citra Grayscale Menggunakan OpenCV. Jurnal Komputer Terapan, 2021, 7.1: 100-109.
[5] SEPTYANTO, Moh Wahyu, et al. Aplikasi Presensi Pengenalan Wajah Dengan Menggunakan Algoritma Haar Cascade Classifier. Telematika: Jurnal Informatika dan Teknologi Informasi, 2020, 16.2: 87-96.
[6] PUSPANINGRUM, Eva Y.; SAPUTRA, Wahyu SJ. Deteksi Wajah Dengan Boosted Cascade Classifier. Scan: Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2018, 13.3: 15-18.
Published
2024-07-31
How to Cite
[1]
BadriyahS., AstutiE., and SibyanH., “SISTEM PRESENSI KARYAWAN PT SAMUDERA RAYA ENGINEERING BERBASIS FACE RECOGNITION DENGAN METODE HAAR CASCADE CLASSIFIER”, Biner : Jurnal Ilmiah Informatika dan Komputer, vol. 3, no. 1, pp. 50-55, Jul. 2024.
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times

Most read articles by the same author(s)