RANCANG BANGUN PERANGKAT KENDALI PAKAN IKAN JARAK JAUH DENGAN METODE FUZZY BERBASIS INTERNET OF THINGS (IOT)

  • Sasmito Adi Prayogo Program Studi Teknik Informatika, Unviersitas Sains Al-Qur’an
  • Erna Dwi Astuti Program Studi Teknik Informatika, Unviersitas Sains Al-Qur’an
  • Muslim Hidayat Universitas Sains Al-Qur’an
Keywords:
Internet of Things, Pakan Ikan, Fuzzy

Abstract

Era serba digital dan dinamis membuat segala lini usaha memerlukan peran teknologi dalam pelaksanaannya, tak terlepas dari itu peternak dapat memanfaatkan teknologi dengan penerapan Internet of Things. Peternak yang menjadikan ternak sebagai pekerjaan sampingan dapat menggunakan perangkat pakan kendali jarak jauh untuk membantu pekerjaannya, sehingga tidak memerlukan tenaga kerja dan dapat melakukannya kapanpun dan dimanapun. Salin itu penggunaan perangkat pakan jarak jauh dapat diatur dengan timer, sehingga peternak tidak perlu melakukan pakan secara manual dari aplikasi. Penerapan Fuzzy logic berperan untuk memberikan saran apakah hasil perhitungan takaran yang telah diberikan dari hasil perhitungan bobot dan jumlah ikan sudah cukup, dikurangi atau ditambahi

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Artono, B., & Susanto, F. (2017). LED control system with cayenne framework for the Internet of Things (IoT). J. Electr. Electron. Control Automot. Eng, 2(1), 95-100.
[2] Masriwilaga, A. A., Al-Hadi, T. A. J. M., Subagja, A., & Septiana, S. (2019). Monitoring system for broiler chicken farms based on Internet of Things (IoT). Telekontran: Jurnal Ilmiah Telekomunikasi, Kendali Dan Elektronika Terapan, 7(1), 1-13.
[3] Mustofa, M., Sidiq, S., & Rahmawati, E. (2018). Penerapan Finite State Machine Untuk Pengendalian Animasi Pada Video Game Rpg Nusantara Legacy. Jusikom: Jurnal Sistem Komputer Musirawas, 3(1), 1-10.
[4] Dayanti, S. D. (2019). Perancangan Pintu Otomatis Menggunakan Metode Fuzzy Logic Control. Pelita Informatika: Informasi dan Informatika, 7(4), 579-583.
[5] Ramadhan, A., Rachmat, H., & Atmaja, D. S. E. (2021). Perancangan Sistem Smart Fish Pond Berbasis Iot Untuk Pengendalian Kualitas Air Dengan Metode Waterfall. eProceedings of Engineering, 8(5).
Published
2023-01-31
How to Cite
[1]
PrayogoS., AstutiE., and HidayatM., “RANCANG BANGUN PERANGKAT KENDALI PAKAN IKAN JARAK JAUH DENGAN METODE FUZZY BERBASIS INTERNET OF THINGS (IOT)”, Biner : Jurnal Ilmiah Informatika dan Komputer, vol. 2, no. 1, pp. 50-57, Jan. 2023.
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 275 times
PDF downloaded = 152 times