SISTEM IDENTIFIKASI BENTUK WAJAH UNTUK PEMILIHAN FRAME KACAMATA MENGGUNAKAN METODE TRANSFER LEARINING

  • Munib Tahta Hidayatillah Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Sains Al-Qur’an
  • Nahar Mardiyantoro Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Sains Al-Qur’an
  • Muslim Hidayat Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Sains Al-Qur’an
Keywords:
Kacamata, Frame, Bentuk Wajah, Transfer Learning.

Abstract

Penggunaan kacamata selain sebagai alat bantu pengelihatan juga digunakan sebagai aksesoris untuk meningkatkan penampilan agar penampilanya terlihat lebih menarik. Selain pemilihan lensa kacamata yang tepat pemilihan frame kacamata juga sama pentingnya karena sangat berpengaruh pada penampilan seseorang ketika memakainya maka memilih bentuk bingkai (frame) yang tepat untuk kacamata adalah hal yang penting ketika memilih kacamata. Karakter dan bentuk wajah orang berbeda-beda, untuk itu kesesuaian dalam memilih frame kacamata juga harus disesuaikan dengan bentuk wajah masing-masing orang, karena belum adanya sebuah sistem yang terkomputerisasi yang digunakan dalam pemilihan bingkai kacamata yang tepat untuk pengguna kacamata di Optik Kusuma Wonosobo dan masih dengan metode manual dalam pemilihan bingkai kacamata yang tentunya kurang efisien karena harus konsultasi secara langsung dengan pakarnya untuk tahu bingkai kacamata seperti apa yang sesuai dengan pemakai kacamata, untuk itu dibuatlah sistem identifikasi bentuk wajah untuk pemilihan frame kacamata menggunakan metode transfer learining untuk membantu dalam memilih frame kacamata yang tepat dengan mudah sehingga pemakai kacamata dapat menunjang penampilanya ketika memakai kacamata.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Olivas, E.S., Guerrero, J.D.M., Martinez-Sober, M., Magdalena-Benedito, J.R. and Serrano, L. eds., 2009. Handbook of research on machine learning applications and trends: Algorithms, methods, and techniques: Algorithms, methods, and techniques. IGI global..
[2] Wu, X., Lu, X. and Leung, H., 2017, October. An adaptive threshold deep learning method for fire and smoke detection. In 2017 IEEE International Conference on Systems, Man, and Cybernetics (SMC) (pp. 1954-1959). IEEE.

[3] Naufal, M.F. and Kusuma, S.F., 2021. Pendeteksi Citra Masker Wajah Menggunakan CNN dan Transfer Learning. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), 8(6), pp.1293-1300.
[4] Koul, A., Ganju, S. and Kasam, M., 2019. Practical Deep Learning for Cloud, Mobile, and Edge: Real-World AI & Computer-Vision Projects Using Python, Keras & TensorFlow. O'Reilly Media.
[5] Zakiya, P.N. and Novamizanti, L., 2021. Klasifikasi Patologi Makula Retina Melalui Citra Oct Menggunakan Convolutional Neural Network Dengan Arsitektur Mobilenet. eProceedings of Engineering, 8(5).
Published
2022-01-31
How to Cite
[1]
HidayatillahM., MardiyantoroN., and HidayatM., “SISTEM IDENTIFIKASI BENTUK WAJAH UNTUK PEMILIHAN FRAME KACAMATA MENGGUNAKAN METODE TRANSFER LEARINING”, Biner : Jurnal Ilmiah Informatika dan Komputer, vol. 1, no. 1, pp. 70-78, Jan. 2022.
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 350 times
PDF downloaded = 379 times