PENERAPAN ALGORITMA FLOYD-WARSHALL DALAM MENENTUKAN RUTE TERPENDEK PADA PENCARIAN PENGEPUL SAYUR DI KECAMATAN KEPIL

  • Wulan Novita Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Sains Al-Qur’an
  • Nahar Mardiyantoro Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Sains Al-Qur’an
  • Muslim Hidayat Program Studi Manajemen Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Sains Al-Qur’an
Keywords:
Pengepul Sayur, Petani, Algoritma Floyd-Warshall

Abstract

Kecamatan Kepil merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Wonosobo yang sebagian besar masyarakatnya adalah seorang petani dimana mereka akan menjualnya kepada para pengepul sayur yang juga berada di sana. Namun, tidak semua orang mengetahui letak pengepul sayur yang ada di Kecamatan Kepil. Masyarakat masih mengandalkan seseorang yang mengetahui informasi tentang keberadaan pengepul sayur. Oleh karena itu agar proses pencarian pengepul sayur dapat lebih efektif dan efisien, ditawarka sebuah solusi yaitu penggunaan sistem pencarian pengepul sayur terdekat. Dimana penentuan jalur didasarkan pada perhitungan jarak antar yang kemudian akan ditampilkan pada peta digital yang memudahkan masyarakata dalam memahami rute yang akan dilalui. Adapun algoritma yang akan digunakan pada proses pencarian pengepul sayur adalah Algortima Floyd-Warshall. Algoritma ini mampu menyajikan rute terpedek yang harus dilalui oleh petani atau masyarakat ke pengepul sayur.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fahrozi, Alwi Ahdi . 2017. Implementasi Algoritma Floyd Warshall dalam Pencarian Pasar Tradisional Terdekat di Kota Medan Berbasis Sistem Informasi Geografis. Skripsi.Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Sistem Informasi, Universitas Sumatra Utara, Medan.
Komarullah, Yudo. 2020. Penerapan Metode Graf dan Algoritma Floyd-Warshall dalam Menentukan Lintasan Teerpendek. Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah: Jakarta.
Muslihudin, M. 2016. Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Menggunakan Model Terstruktur Dan UML. Penerbit Andi.
Pradhan, A and Mahinthakumar, G. 2017. Finding all-pairs shortest path for a large-scale transportation network using parallel Floyd-Warshall and parallel Dijkstra algorithms. J. Comput. Civ. Eng., vol. 27, no. 3, pp. 263–273.
Retnowati, N., & Lutfiyani, R. S. 2018. PERBANDINGAN ALGORITMA DJIKSTRA DAN WARSHALL DALAM PENENTUAN LINTASAN TERPENDEK KE KOTA KLATEN. Unisda Journal of Mathematics and Computer Science (UJMC), 4(2), 33-41.
Published
2022-04-30
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 158 times
PDF downloaded = 146 times