SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN KELAYAKAN PENERIMA BANTUAN SOSIAL PIP MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR

  • Muhammad Faradhika Prabayu Program Studi Teknik Informatika, Universitas Sains Al-Qur’an
  • Hidayatus Sibyan Universitas Sains Al Qur'an
  • Nur Hasanah Program Studi Teknik Informatika, Universitas Sains Al-Qur’an
Keywords:
Sistem pendukung keputusan, Tingkat kelayakan, Bantuan sosial PIP

Abstract

Penelitian ini berisi rancangan untuk membangun sistem pendukung keputusan untuk mengukur tingkat kelayakan siswa dalam penerimaan banyuan sosial PIP dengan metode certainty factor. Sistem pendukung keputusan merupakan program cerdas komputer yang mampu meniru proses pemikiran dan pengetahuan dari seorang pakar dalam menyelesaikan suatu masalah tertentu. Bantuan sosial PIP merupakan upaya pemerintah terkait pemberdayaan siswa kurang mampu, yang berupa bantuan tunai, perluasan akses dan kesempatan belajar. Certainty factor merupakan suatu metode yang digunakan untuk menyelesaikan suatu permasalahan yang selalu terjadi dengan ketidak pastian, dengan langsung mendefinisikan ukuran kepastian terhadap suatu fakta atau aturan, untuk menggambarkan tingkat keyakinan dari seorang pakar terhadap suatu masalah yang dihadapi. Dalam penelitian ini dilakukan pengujian sistem yaitu pengujian black box. Untuk pengujian black box, tidak ditemukan kesalahan sistem.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Hafiz, N. W., Mesran, & Suginam. 2017. Sistem Pendukung Keputusan Penentukan Kredit Pemilikan Rumah Menerapkan Multi-Objective Optimization On The Basis Of Ratio Analysis. Komik (Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komputer).
Ariani R. Sukamto, M.S. 2017. Rekayasan Perangkat Lunak. Bandung : Informatika Bandung
A. S., Rosa dan Shalahuddin, M. 2015. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktuur dan Berorientasi Objek. Bandung : Informatika Bandung
Doyle, L. 2009. An Overview of Mixe Methods Research. SAGE Journal : New York
Harefa, K. 2020. Sistem Pendukung Keputusan Kelayakan Pemberian Pinjaman dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dan Simple Additive Weighting (SAW). Jakarta: Jurnal Informatika Universitas Pamulang
Published
2023-01-31
How to Cite
[1]
PrabayuM., SibyanH., and HasanahN., “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN KELAYAKAN PENERIMA BANTUAN SOSIAL PIP MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR”, Biner : Jurnal Ilmiah Informatika dan Komputer, vol. 2, no. 1, pp. 45-49, Jan. 2023.
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 289 times
PDF downloaded = 138 times