SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT PADA TANAMAN JAGUNG MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR

  • Nur Kholilah Program Studi Teknik Informatika, Unviersitas Sains Al-Qur’an
  • Saifu Rohman Universitas Sains Al-Qur’an
  • Dimas Prasetyo Utomo Program Studi Teknik Informatika, Unviersitas Sains Al-Qur’an
Keywords:
Sistem Pakar, Metode Certainty Factor, Penyakit Jagung.

Abstract

Sektor pertanian merupakan salah satu penopang perekonomian Indonesia. Jagung (Zea mays L.) merupakan salah satu hasil pertanian yang sangat penting dan merupakan sumber karbohidrat kedua setelah beras. Kajian ini dilakukan karena jagung merupakan salah satu tanaman utama dalam bidang pertanian dan peternakan, serta dapat dikembangkan dengan berbagai cara dan strategis. Selain itu, tanaman jagung lainnya juga terkena penyakit ini. Penyakit pada tanaman jagung seringkali menyebabkan tanaman jagung berhenti tumbuh dan dapat menurunkan produktivitasnya. Pada penelitian ini terdapat 10 jenis penyakit yang dapat didiagnosis dengan metode yang tepat berdasarkan gejala yang dialami oleh pengguna. Cara ini digunakan untuk membuat bahan tanam jagung untung 100%. Saat mengevaluasi keakuratan diagnosis dan keakuratan metode, termasuk data dari 8 data kasus, akurasinya adalah 87,5%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Lombu, W. K., Wisaniyasa, N. W., & Wiadnyani, A. S. (2018). Perbedaan karakteristik kimia dan daya cerna pati tepung jagung dan tepung kecambah jagung (Zea mays L.). Jurnal ITEPA Vol, 7(1).
[2] Kuswanto, J. (2020). Sistem Pakar Untuk Perlindungan Tanaman Padi Menggunakan Metode Forward Chaining. Jurnal Ilmiah Edutic: Pendidikan dan Informatika, 7(1), 31-39.
[3] Chandra, S., Yunus, Y., & Sumijan, S. (2020). Sistem Pakar Menggunakan Metode Certainty Factor untuk Estetika Kulit Wanita dalam Menjaga Kesehatan. Jurnal Informasi dan Teknologi, 105-111.
[4] Sari, I. P., & Priyanto, A. (2020). Sistem Pakar Berbasis Android Diagnosis Penyakit Hepatitis Menggunakan Metode Certainty Factor dengan Penelusuran Forward Chaining. JEPIN (Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika), 6(3), 393-400.
[5] Prastianingrum, G., & Purnomo, A. S. (2019). Sistem Pakar Diagnosa Fobia Menggunakan Metode Certainty Factor. JMAI (Jurnal Multimedia & Artificial Intelligence), 3(2), 73-80.
Published
2023-01-31
How to Cite
[1]
KholilahN., RohmanS., and UtomoD., “SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT PADA TANAMAN JAGUNG MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR”, Biner : Jurnal Ilmiah Informatika dan Komputer, vol. 2, no. 1, pp. 58-64, Jan. 2023.
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 438 times
PDF downloaded = 303 times