RANCANG BANGUN CHATBOT PADA SISTEM EKAPTA BERBASIS NATURAL LANGUAGE PROCESSING DENGAN ALGORITMA ARTIFICIAL NEURAL NETWORK
ChatBot, Natural Language Processing (NLP), Artificial Neural Network (ANN), EKAPTA
Abstract
Buku panduan mahasiswa adalah media yang berperan dalam perguruan tinggi dan berisi terlalu banyak informasi. EKAPTA adalah sistem elektronik kerja dan tugas akhir yang digunakan dalam Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer dari Universitas Sains Al-Qur’an. ChatBot telah digunakan dalam banyak hal, termasuk memberikan edukasi, hiburan, dan masih banyak lagi. ChatBot telah terbukti menjadi alat yang berguna dalam membantu kegiatan manusia. Penelitian dilakukan oleh Marwan Noor Fauzy dan Kusrini, menjadi potensi ChatBot untuk diimplementasikan menjadi virtual assistant pada pusat layanan informasi akademik berbasis Natural Language Processing (NLP) dengan algoritma Artificial Neural Network (ANN). Penelitian ini diharapkan solusi dari permasalahan dan mengambil Penelitian Skripsi dengan Judul “Rancang Bangun ChatBot Pada Sistem EKAPTA Berbasis Natural Language Processing Dengan Algoritma Artificial Neural Network” dengan memudahkan Mahasiswa dan Dosen untuk mendapatkan informasi terkait EKAPTA.
Downloads
References
[2] Noor Fauzy, M. (2019). CHATBOT MENGGUNAKAN METODE FUZZY STRING MATCHING SEBAGAI VIRTUAL ASSISTANT PADA PUSAT LAYANAN INFORMASI AKADEMIK (Vol. 5).
[3] Elcholiqi, A., & Musdholifah, A. (2020). Chatbot in Bahasa Indonesia using NLP to Provide Banking Information. IJCCS (Indonesian Journal of Computing and Cybernetics Systems), 14(1), 91. https://doi.org/10.22146/ijccs.41289
[4] Harahap, D. W., Fitria, L., & Teknik Universitas Samudra, T. I. (2020). APLIKASI CHATBOT BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE DIALOGFLOW. Jurnal Informatika Dan Teknologi Komputer, 01(01), 6–13.
[5] Laksmi Maitri, A., Sutopo, J., & Teknologi Yogyakarta Jl Ringroad Utara Jombor Sleman Yogyakrta, U. (2019). RANCANG BANGUN CHATBOT SEBAGAI PUSAT INFORMASI LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN NATURAL LANGUAGE PROCESSING.
[6] Mustakim, F., & Hayati, N. (2021). Algoritma Artificial Neural Network pada Text-based Chatbot Frequently Asked Question (FAQ) Web Kuliah Universitas Nasional. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi), 5(4), 2021. https://doi.org/10.35870/jti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in this Journal agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).