RANCANG BANGUN CHATBOT PADA SISTEM EKAPTA BERBASIS NATURAL LANGUAGE PROCESSING DENGAN ALGORITMA ARTIFICIAL NEURAL NETWORK

  • Febi Arifin Universitas Sains Al-Qur'an
  • Hidayatus Sibyan Universitas Sains Al-Qur’an
  • Nur Hasanah Universitas Sains Al-Qur’an
Keywords:
ChatBot, Natural Language Processing (NLP), Artificial Neural Network (ANN), EKAPTA

Abstract

Buku panduan mahasiswa adalah media yang berperan dalam perguruan tinggi dan berisi terlalu banyak informasi. EKAPTA adalah sistem elektronik kerja dan tugas akhir yang digunakan dalam Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer dari Universitas Sains Al-Qur’an. ChatBot telah digunakan dalam banyak hal, termasuk memberikan edukasi, hiburan, dan masih banyak lagi. ChatBot telah terbukti menjadi alat yang berguna dalam membantu kegiatan manusia. Penelitian dilakukan oleh Marwan Noor Fauzy dan Kusrini, menjadi potensi ChatBot untuk diimplementasikan menjadi virtual assistant pada pusat layanan informasi akademik berbasis Natural Language Processing (NLP) dengan algoritma Artificial Neural Network (ANN). Penelitian ini diharapkan solusi dari permasalahan dan mengambil Penelitian Skripsi dengan Judul “Rancang Bangun ChatBot Pada Sistem EKAPTA Berbasis Natural Language Processing Dengan Algoritma Artificial Neural Network” dengan memudahkan Mahasiswa dan Dosen untuk mendapatkan informasi terkait EKAPTA.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Ruben, I. (2022). Implementasi Neural Network untuk Pembuatan Chatbot Menggunakan Dataset Pertanyaan Mahasiswa (Vol. 8, Issue 1).
[2] Noor Fauzy, M. (2019). CHATBOT MENGGUNAKAN METODE FUZZY STRING MATCHING SEBAGAI VIRTUAL ASSISTANT PADA PUSAT LAYANAN INFORMASI AKADEMIK (Vol. 5).
[3] Elcholiqi, A., & Musdholifah, A. (2020). Chatbot in Bahasa Indonesia using NLP to Provide Banking Information. IJCCS (Indonesian Journal of Computing and Cybernetics Systems), 14(1), 91. https://doi.org/10.22146/ijccs.41289
[4] Harahap, D. W., Fitria, L., & Teknik Universitas Samudra, T. I. (2020). APLIKASI CHATBOT BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE DIALOGFLOW. Jurnal Informatika Dan Teknologi Komputer, 01(01), 6–13.
[5] Laksmi Maitri, A., Sutopo, J., & Teknologi Yogyakarta Jl Ringroad Utara Jombor Sleman Yogyakrta, U. (2019). RANCANG BANGUN CHATBOT SEBAGAI PUSAT INFORMASI LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN NATURAL LANGUAGE PROCESSING.
[6] Mustakim, F., & Hayati, N. (2021). Algoritma Artificial Neural Network pada Text-based Chatbot Frequently Asked Question (FAQ) Web Kuliah Universitas Nasional. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi), 5(4), 2021. https://doi.org/10.35870/jti
Published
2025-01-31
How to Cite
[1]
ArifinF., SibyanH., and HasanahN., “RANCANG BANGUN CHATBOT PADA SISTEM EKAPTA BERBASIS NATURAL LANGUAGE PROCESSING DENGAN ALGORITMA ARTIFICIAL NEURAL NETWORK”, Biner : Jurnal Ilmiah Informatika dan Komputer, vol. 4, no. 1, pp. 1-8, Jan. 2025.
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times