UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMINIMALISIR PERILAKU PERUNDUNGAN (BULLYING) PADA SISWA DI SD NEGERI 2 SLUKATAN MOJOTENGAH WONOSOBO
Upaya, Bullying, Siswa, Guru, Pendidikan Agama Islam
Abstract
Penelitian ini didasarkan dari pandangan penulis bahwa pentingnya pendidikan agama Islam dalam memberikan nilai-nilai dan pencegahan kekerasan sosial seperti perilaku perundungan (Bullying) di sekolah, khususnya di kalangan guru PAI. Bullying merupakan salah satu permasalahan yang banyak terjadi dikalangan pelajar. Perundungan adalah perilaku agresif yang dilakukan berulang kali oleh seseorang atau kelompok dengan tujuan untuk menyakiti korban. Terkait dengan perilaku mperundungan (Bullying), guru PAI juga harus berperan dalam menanamkan nilai-nilai moral dan spiritual siswa, selain itu mereka juga mengembangkan etika untuk membentuk kepribadian siswa yang baik dan menunjukkan perilaku moral yang berakhlak mulia di SD Negeri 2 Slukatan.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dimana jenis penelitiannya bersifat field research dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) adanya bentu bullying pada siswa di SD Negeri 2 Slukatan; 2) upaya guru PAI dalam meminimalisir perilaku bullying pada siswa di SD Neger 2 Slukatan; 3) faktor penghambat dan pendorong dari upaya guru PAI dalam meminimalisir perilaku bullying pada siswa di SD Neger 2 Slukatan.
Downloads
References
Irnie Victorynie. 2017. Mengatasi Bullying Siswa Sekolah Dasar Dengan Menerapkan Manajemen Kelas yang Efektif. PEDAGOGIK Vol. V, NO. 1, Februari.
Suguarti, dkk. 2020. Desain Penelitian Kualitataif SASTRA. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
Djunaidi Ghony dan Fauzan Almansur. Metode Penelitian Kualitatif. 2012. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Ela Zain Zakiyah, dkk. 2017. “Faktor Yang Mempengaruhi Remaja Dalam Melakukan Bullying”. Jurnal Penelitian & Ppm. Vol. 4. No. 2.