UPAYA PENANAMAN NILAI-NILAI SPRRITUAL MELALUI RUTINAN DZIKIR RATIB AL-HADDAD DALAM MEMBENTUK KARAKTER SANTRI DI PONDOK PESANTREN ILMU AL-QUR’AN HIDAYATUL QUR’AN WONOSOBO

  • Muadib Khasbiya PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS SAINS AL QUR'AN WONOSOBO
  • Sri Haryanto
  • Sofan Rizqi
Keywords: Pembentukan Karakter Religius, Peran Pengurus dan Asatidz.

Abstract

Pendidikan karakter menjadi esensial di tengah dinamika perubahan sosial dan budaya, terutama di kalangan remaja, yang dipengaruhi oleh globalisasi dan teknologi. Penelitian ini berfokus pada pembentukan karakter religius pada santri di Pondok Pesantren Ilmu Al-Qur'an Hidayatul Qur'an Wonosobo, dengan penekanan pada peran lingkungan pesantren dan pendidikan spiritual. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode lapangan, melibatkan observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Hasil analisis menunjukkan bahwa partisipasi dan konsistensi santri mencerminkan tingkat keterlibatan yang tinggi dalam kegiatan keagamaan, dengan perubahan positif dalam perilaku sehari-hari. Penerapan hukuman menegaskan pentingnya ketaatan terhadap nilai-nilai agama. Pembentukan karakter terjadi melalui kegiatan ngaji dan mujahadah, menciptakan ikatan sosial yang kuat di antara santri.

Pelaksanaan rutinan dzikir Ratib Al-Haddad memiliki dampak positif dalam memperkuat keimanan dan ketaqwaan santri, meskipun masih ada kendala teknis yang perlu diperbaiki. Perbedaan peran dengan program kegiatan lain, seperti ro'an dan kegiatan diniyah, memberikan dimensi spiritual mendalam. Evaluasi dan pembaruan program kegiatan perlu dilakukan untuk meningkatkan efektivitas dan relevansi.

Saran termasuk perbaikan pelaksanaan dzikir, peningkatan pengawasan dan keteladanan, optimalisasi program ro'an dan kegiatan diniyah, pemberdayaan partisipasi santri, penguatan kerjasama dengan orang tua, pelatihan pengurus dan asatidz, serta penggunaan teknologi dalam pendidikan karakter. Dengan demikian, pondok pesantren dapat terus menjadi lembaga yang efektif dalam membentuk karakter spiritual dan moral santri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Rohman, “Pembiasaan Sebagain Basis Penanaman Nilai-Nilai Akhlak Remaja,” Jurnal Nadwa, 1, (Mei, 2012), hal. 160.
Agus Prasetyo, “Aspek Spiritualitas Sebagai Elmen Penting dalam Kesehatan,” Jurnal Kesehatan Al-Irsyad, 1 (Maret, 2016), hal. 23.
Al-Adnani, Abu Fatiah. 2017. Zikir Akhir Zaman Surakarta: Granada Mediatama.
Al-Qur’an, Surat At Tin Ayat 4-6.
An-Nawawi Shahih Muslim Syarah an-Nawawi tahgig: Khalil Ma'mun Syiha. Dar al-a'rifah.cet. 11. 1417 H/1996 M. XVII/4
A.S Rasyid dan R Abdul Malik, Dzikir dan Doa Kesembuhan dan Rezeki, (Jakarta: Grafikatama Jaya, 2015), hal. 15.
Dharma Kesuma, dkk, Pendidikan Karakter:Kajian Teori dan Praktik di Sekolah (Bandung :Remaja Rosdakarya ,2011), hal. 14.
Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahannya, (Bandung: Sygma Examedia Arkanleena, 2009), hal. 297.
Eko Putro Widioyoko, Teknik Pengumpulan Instrumen Penelitian, (Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2012). hal. 51.
Fuad, Jauhar .2013. “Pendidikan Karakter Dalam Pesantren Tasawuf,” Jurnal
Pemikiran Keislaman 23, no.1 (http://ejournal.iai tribakti.ac.id/index.php/tribakti/article/view/13) (February 28, 2013)
Heri Gunawan, Pendidikan Karakter: Konsep dan Isinya (Bandung: Alfabeta, 2017), hal. 194.
Hasil Wawancara M. Ulil Absor (Santri sekaligus lurah Pondok Pesantren Ilmu Al-Qur’an Hidayatul Qur’an)
Imam Abdullah Al-Haddad, Ratib Al-Haddad dan Wird Al-Latif, (Kuala Lumpur: Amanah Hawi Al-Khairat, 2010), hal. 2-7.
Ira Riswana “Pengaruh Pembacaan Zikir Râtib al-Ḥaddâd di Pondok Pesantren al-Munawwarah Pekanbaru (Studi Living Qur’an Terhadap Kegiatan Keputrian)”
Iva Yulianti Umdatul Izzah, “Perubahan Pola Hubungan kiai dan santri Pada masyarakat Muslim Tradisional Pedesaan,” (Jurnal sosiologi islam 1, no. 2 (2011), hal. 33.
Iwan Hermawan, Metodologi Penelitian Pendidikan, (Kuningan Hidayatul Qur'an, 2019), hal. 186.
Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Tim Penyusun Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, 2011), hal. 690.
Khadijah, “Pengembangan Keagamaan Anak Usia Dini”, Raudhah, 1 (Januari-Juni, 2016), hal. 35.
Lajnah Pentasihan Mushaf Al-Qur’an Badan Litbang dan Diklat, Spiritualitas dan Akhlak (Kemenag RI, 2010).
Published
2025-06-30
How to Cite
Khasbiya, M., Haryanto, S., & Rizqi, S. (2025, June 30). UPAYA PENANAMAN NILAI-NILAI SPRRITUAL MELALUI RUTINAN DZIKIR RATIB AL-HADDAD DALAM MEMBENTUK KARAKTER SANTRI DI PONDOK PESANTREN ILMU AL-QUR’AN HIDAYATUL QUR’AN WONOSOBO. Alphateach (Jurnal Profesi Kependidikan Dan Keguruan), 5(1), 112-119. https://doi.org/https://doi.org/10.32699/alphateach.v5i1.6398

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>