TELADAN AMAR MA’RUF NAHI MUNKAR DALAM MEMBENTUK AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK (KAJIAN Q.S. AN-NAHL AYAT 90)
Akhlakul Karimah, Peserta Didik, Teladan Amar Ma’ruf Nahi Munkar
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk membina akhlak anak sejak dini agar menjadi pribadi yang memiliki kecerdasan, kepribadian, dan akhlakul karimah, dengan pembelajaran melalui teladan amar ma’ruf nahi munkar sesuai dengan ajaran Islam. Kebajikan atau keutamaan yang harus ditanamkan oleh setiap pendidik adalah bahwa menuntut ilmu baik di kelas atau di lingkungan masyarakat, merupakan cara yang lebih maksimal dalam memberikan keteladanan amar ma’ruf nahi munkar dalam membentuk akhlakul karimah peserta didik. Dengan itu, peran seorang guru dan orang tua sangat penting, baik dari segi perkataan maupun perbuatan yang mempengaruhi perkembangan anak didiknya. Maka seorang pendidik harus mampu memberikan contoh yang baik.
Metode yang diterapkan pada penelitian ini adalah jenis data dari sumber data primer dan sekunder, termasuk pengumpulan data. Data yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (Library Research) secara murni yaitu dipilih, disusun, dikumpulkan, dipelajari, dan dipahami sesuai dengan literature yang relevan dalam bab atau sub bab, sesuai keterbatasannya masing-masing untuk memperoleh analisis data yang diperlukan. Setelah data terkumpul, peneliti menentukan metode analisis sebagai bukti untuk menganalisis, yaitu metode deduktif adalah suatu metode analisis atau cara berpikir dari kata yang bersifat global ke kata-kata khusus. Metode induktif adalah cara berpikir Al-Qur’an yang mengkaji permasalahan-permasalahan akhlak yang khusus ke umum, serta menggunakan tafsir maudhu’i yaitu metode atau rangkaian tematik yang membahas ayat-ayat Al-Qur’an dari segi judul atau tema yang ditentukan.
Hasil peneliti ini dapat menambah wawasan yang lebih luas, bermanfaat bagi penulis khususnya dan pembaca pada umumnya. Selain itu dapat mengetahui bagaimana teladan amar ma’ruf nahi munkar dalam membentuk akhlakul karimah peserta didik dalam Q.S. An-Nahl ayat 90, faktor penghambat sekaligus pendukung, serta relevansi teladan amar ma’ruf nahi munkar dalam membentuk akhlakul karimah peserta didik di era modern sekarang.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Departemen Agama RI. 2006. Al-Qur’an Al-Karim dan Terjemah Bahasa Indonesia. Kudus: CV Menara Kudus.
Firdaus. “Membentuk Pribadi Berakhlakul Karimah secara Psikologis”. Jurnal Studi Ilmu Al-Qur’an dan Hadits. Vol. 11. No. 1. 2017.
Hadi, Sutrisno. 2004. Metode Research. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Mas’ud, Ibnu. 2018. The Miracle Of Amar Ma’ruf Nahi Munkar. Cet I. Yogyakarta: Laksana.
Mumtahanah. “Strategi Guru dalam Pembinaan Akhlakul Karimah Siswa di Madrasah Aliyah Al-Wai Bontoa Kabupaten Waros”. Jurnal Pendidikan Agama Islam. Vol. 1. No 1. 2021.
Nurhaliza, Lilik. “Konsep Amar Ma’ruf Nahi Munkar Perspektif K.H. Hasyim Asy’ari di Indonesia”. Skripsi Sarjana. Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN. Metro Lampung. 2019.
Shihab, Muhammad Quraish. 2013. Kaidah Tafsir. Tangerang: Lentera Hati.
Sholihah, Mar’atus. “Konsep Amar Ma’ruf Nahi Munkar Al-Ghazali dalam Kitab Ihya’ Ulumuddin dan Relevensinya dengan Dakwah Zaman Modern di Indonesia”. Jurnal UIN Walisongo. 26 Agustus 2019.
Suharso. 2005. KKBI. Semarang: Widyaarya.