KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER PERSPEKTIF SYEKH BURHANUDDIN AZ ZARNUJI DALAM KITAB TA'LIM MUTA'ALLIM DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM SAAT INI
Bahasa indonesia
Pendidikan, karakter, az-zarnuji, kitab ta’lim muta’allim
Abstract
Dalam menciptakan kesejahteraan secara lahiriyah maupun batiniyah didalam sebuah kehidupan diperlukannya suatu pendidikan karakter yang seimbang dan harmonis. Sehingga dalam hal ini pendidikan karakter mendapatkan perhatian khusus dari seorang ulama besar yaitu syeh Burhanudin Az-Zamuji yang dijelaskan dalam sebuah karya terbaiknya yaitu kitab Ta’līm al-Muta’allim. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konsep pendidikan karakter perseptif Syeh Burhanudin Az-Zamuji yang dijelasakan dalam kitabnya yaitu kitab Ta’līm al-Muta’allim, dan bagaimana cara relevansinya dalam pendidikan Islam saat ini.
Penelitian ini bersifat kepustaakan. Adapaun data sekunder dan perimer yang diperoleh dengan melalui penelitian kepustakaan dengan menggunakan pendekatan edukatif dan historis. Sedangkan untuk analis datanya menggunakan Content Analysis secara deskriptif.
Dalam penelitian ini meneumkan bahwa konsep pendidikan karakter yang dijelaskan dalam kitab Ta’līm al-Muta’allim terdapat beberapa point diantaranya: dasar utama pada suatu pendidikan menekan pada nilai adabiyah baik secara lahiriyah mapun batiniyah. Dalam kitab Ta’līm al-Muta’allim menjelaskan bahwa hal yang paling penting dalam dunia pendidikan adalah transfer nilai adabiyah. Bukan hanya mengedepankan ilmu pengetahuan dan keterampilan, tetapi yang paling terpenting adalah nilai adabiyah. Selanjutnya adalah metode penting dalam pembentukan karakter yaitu meliputi adab batin dan lahir. Metode yang pertama yaitu memberikan nasihat, untuk selalu saling mengingatkan, dan pembentukan pada sebuah mental. Dalam metode tersebut lebih menekankan pada sebuah aspek nilai, wara, istifadah dan juga tawakal. Dalam kitab Ta’līm al-Muta’allim dijelaskan bahwa keberhasilan peserta didik terletak pada niat seseorang dalam belajar.
Adapun tujuan dari sebuah pendidikan menurut Islam yakni membuat manusia menjadi lebih baik, sebagaimana dijelaskan oleh paa ulama termasuk Az-Zamuji. Menurut Az-Zamuji macam-macam pendidikan karakter dalam kitab Ta’līm al-Muta’allim lebih cenderung kepada pendidikan tasawuf yaitu taubah, zuhud, sabar, tawaka;, tawadhu dan wara.
Penerapan konsep pendidikan karakter yang dijelaskan dalam kitab Ta’līm al-Muta’allim dengan khazanah pendidikan karakter diharapkan peserta didik mampu menjadi manusia yang mempunyai perilaku dan sifat yang lebih baik berdasarkan pandangan Islam, yaitu dengan memiliki sikap ta’dzimatau sopan santun terhadap guru, orang tua, dan ataupun orang yang secara usia diatas atau dibawah usainya.
Downloads
References
Ali Noer, Konsep Adab Peserta Didik Dalam Pembelajaran Menurut Az-Zarnuji dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Karakter Di Indonesia, Jurnal Al-Hikmah. Vol. 14. No. 2. Oktober 2017, hlm. 193.
Dwi Yuniarti, Konseptika Dalam Pendidikan Menurut Imam Al-Zarnuji, Skripsi Sarjana, Semarang: Iain Walisongo, 2002, hlm. 33
M. Gufron Fauzi, Pemikiran Pendidikan Al Zarnuji, Sukabumi: Farha Pustaka, 2019, hlm. 15.
Dzikri Nirwana, Menjadi Pelajar Muslim Modern Yang Etis Dan Kritis Gaya Ta’lim Al-Muta’allim (Banjarmasin: IAIN Antasari Press, 2014), hlm. 12
Ali As’ad, Bimbingan Bagi Penuntut Ilmu Pengetahuan, Terj. Ali As’ad, Kudus: Menara Kudus. 2007. hlm. 3.
Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan Dalam Persepektif Islam, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009), H. 87.
Ahmad Sunarto, Etika Menuntut Ilmu. Terjemah Ta’lim Muta’allim, Surabaya: Al Miftah, hlm.165.
Adian Husaini, Pendidikan Islam Membentuk Manusia Berkarakter dan Beradab, Depok: Cakrawala Publishing, 2013, hlm. 191.