KONSEP PENDIDIKAN ADAB ANAK TERHADAP ORANG TUA

Kajian Q.S al isra ayat 23-24

  • Ihsan Ihsan Maulana UNSIQ
  • Mukhotob Hamzah
  • Muhtar Sofwan Hidayat
Keywords:
Pendidikan adab, anak, orang tua, surah al isra

Abstract

Penelitian menggunakan judul Konsep Pendidikan Adab  Anak Terhadap Orang Tua (Kajian Q.S al-Isra’ ayat 23-24). Bertujuan buat mengetahui konsep pendidikan adab yg terkandung dalam surah al-Isra’ ayat 23-24 dan  implementasi adab anak pada surah al-isra’ ayat 23-24 pada masa milenial. buat menjawab pertanyaan tersebut maka peneliti menggunakan jenis penelitian kepustakaan. buat data-data yg diharapkan oleh penulis, penulis mengkaji buku-buku yang relevan menggunakan skripsi. buat pengumpulan data menggunakan studi documenter serta penelusuran data online.buat analisisnya, penulis memakai metode tahlili serta analisis isi.

Setelah mempelajari ini, maka peneliti menyimpulkan bahwa: pendidikan adab anak terhadap orang tua yang dibahas dalam penelitian ini antara lain, perintah untuk menyembah hanya kepada  Allah Swt, kemudian perintah berbuat ihsan kepada kedua orang tua baik secara perkataan maupun perbuatan, yang dimaksudkan pada ayat tersebut yaitu untuk bertutur kata yang baik terhadap orang tua, menghindari perkataan “ah” terhadap kedua orang tua, menundukan pandanganya ketika berbicara kepada orang tua, juga perintah untuk merawat keduanya ketika usia lanjut, serta perintah untuk mendoakan kedua orang tua. Jika dilihat pada kondisi sekarang, implementasi yang tepat yaitu salah satunya dengan mendidik anak sejak usia dini dan memasukan anak kedalam pondok pesantren agar anak bisa mendapat pendidikan adab dengan baik dan benar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

. Azyumardi Azra. 2001 . Pendidikan Islam. Jakarta : Kalimah.
Dradjad, Zakiah dkk. 2017 . Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta : Bumi Aksara.
Hasbullah. 2006. Dasar - dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.
Mujab, Ahmad. 2010. Menjadi Anak Soleh.(Birul Walidain). Surabaya : Al-Miftah.
Lexy J.Moloeng. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan ( Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif dan R&D). Bandung : Alfabeta.
Zed Mestika. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : Yayasan Obor Indonesia.
Published
2023-06-30
How to Cite
MaulanaI., HamzahM., & HidayatM. (2023, June 30). KONSEP PENDIDIKAN ADAB ANAK TERHADAP ORANG TUA. Alphateach (Jurnal Profesi Kependidikan Dan Keguruan), 3(1), 1-5. https://doi.org/https://doi.org/10.32699/alphateach.v3i1.4491

STATISTICS

Abstract viewed = 476 times
pdf downloaded = 567 times

Most read articles by the same author(s)