Penerapan Media Animasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Pejawaran, Banjarnegara

  • Fatma Laila Hidayati Pendidikan Agama Islam
  • Maryono Maryono
  • Muhtar Sofwan Hidayat
Keywords: Media Animasi,Hasil Belajar dan PAI

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penerapan media animasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas VIII di SMP Negeri 1 Pejawaran Banjarnegara. Latar belakang penelitian ini adalah minimnya nilai akhir peserta didik yang disebabkan oleh kurangnya minat dan keterlibatan aktif dalam proses pembelajaran yang masih bersifat konvensional. Metode penelitian yang diterapkan yaitu Kuantitatif yang dilakukandua kali pertemuan. Pertemuan yang diawali dari perencanaan, dan pelaksanaan tindakan. Instrumen pengumpulan data meliputi postest dan pretest, lembar observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar siswa setelah diterapkannya media animasi. Nilai rata-rata siswa meningkat dan keaktifan siswa dalam pembelajaran pun meningkat dari siklus ke siklus. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan media animasi sangat membantu proses belajar. Penggunaan media animasi membantu siswa memahami materi yang bersifat abstrak menjadi lebih konkret dan menarik. Oleh karena itu, dianjurkan agar guru PAI memanfaatkan media animasi sebagai strategi pembelajaran yang kreatif dan modern (mengikuti zaman).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Sugiyono, Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D,(Bandung:Alfabeta,2018),hal.126.
Published
2025-06-30
How to Cite
Hidayati, F., Maryono, M., & Hidayat, M. (2025, June 30). Penerapan Media Animasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Pejawaran, Banjarnegara. Alphateach (Jurnal Profesi Kependidikan Dan Keguruan), 5(1), 12-16. https://doi.org/https://doi.org/10.32699/alphateach.v5i1.9359

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>