Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Dukungan Sosial terhadap Hasil Belajar PAI Siswa SMP Sirojuth Tholibin Pegandon Kendal

  • Maulida Zulfa Zanuba Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
  • Maryono Maryono
  • Firdaus Firdaus
Keywords: Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Dukungan Sosial terhadap Hasil Belajar PAI Siswa SMP Sirojuth Tholibin Pegandon Kendal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengupas pengaruh antara aspek kecerdasan emosional dan juga aspek dukungan sosial serta pengaruhnya terhadap hasil belajar PAI siswa SMP Sirojus Solibin Pegandon Kendal. Data dikumpulkan melalui dokumen sekolah, angket, dan tes, lalu dianalisis menggunakan aplikasi SPSS 25 pada operasi system Windows. Dari hasil penelitian tersebut mengungkapkan bahwa 1) terdapat pengaruh antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar berdasarkan nilai koefisien regresi positif sebesar 1,822. Dan berdasarkan uji t nilai t hitung 10,088 > tabel 2,03 yang mempunyai arti bahwa kecerdasan emosional berpengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar mapel PAI. 2) Berdasarkan nilai koefisien regresi sebesar 1,529 (positif), terdapat pengaruh antara variabel dukungan sosial terhadap hasil belajar. Dan nilai t hitung berdasarkan uji t sebesar t hitung 9,076 > t tabel 2,03 yang berarti dukungan sosial berpengaruh positif signifikan terhadap hasil belajar PAI. 3) Terdapat suatu pengaruh antara variabel kecerdasan emosional dan dukungan sosial terhadap hasil belajar PAI berdasarkan nilai koefisien regresi sebesar 1,112 untuk variabel kecerdasan emosional dan 0,775 (bernilai positif) untuk variabel dukungan sosial. Berdasarkan uji F diperoleh nilai Fhitung 77,608 > Ftabel 3,23 yang mempunyai arti bahwa kecerdasan emosional dan dukungan sosial mempunyai pengaruh dan signifikan yang sama terhadap hasil belajar mapel PAI. Dan berdasarkan koefisien determinasi, kecerdasan emosional dan dukungan sosial memberikan kontribusi sebesar 83,4%. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daud Firdaus, Pengaruh Kecerdasan Emosional (EQ) dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA 3 Negri Kota Palopo ” UNM Makasar,2012.
Kartika, Paundra, dkk, “Hubungan Antara Dukungan Sosial Teman Sebayaa Dengan Resiliensi Akademik Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Jurusan X Fakultas Teknik Universitas Diponegoro” Jurnal Empati,vol.5,no.2.
Kukuh BP, Diana Rahmasari, “Hubungan Antara Dukungann Sosial Keluarga dan Motivasi Belajar pada Siswa” Jurnal Penelitian Psikologi vol.7,no.1, 2016.
Kurniawan, Edi,dkk, “Pengaruh Motivasi Belajar dan Bimbingan Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VI pada Sekolah Dasar Negeri Berakreditasi A di Karimun” Jurnal Pendidikan MINDA,vol.1,no.1,2019.
Leoh, Rofyanter,dkk, “Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Smp Kelas VIII” Jurnal Kependidikan Matematika,vol.1,no.1,2019.
Sarmiati,Siti,dkk, “Pengaruh Motivasi Belajar dan Dukungan Sosial terhadap Hasil Belajar Mtematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kusambi” Jurnal Pendidikan Matematika vol.1,no.1,2019.
Published
2025-06-30
How to Cite
Zanuba, M., Maryono, M., & Firdaus, F. (2025, June 30). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Dukungan Sosial terhadap Hasil Belajar PAI Siswa SMP Sirojuth Tholibin Pegandon Kendal. Alphateach (Jurnal Profesi Kependidikan Dan Keguruan), 5(1), 120-124. https://doi.org/https://doi.org/10.32699/alphateach.v5i1.6259

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>