IMPLEMENTASI PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA DENGAN PERMAINAN ENGKLEK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV MI MA'ARIF LIPURSARI KECAMATAN LEKSONO KABUPATEN WONOSOBO TAHUN PELAJARAN 2023/2024

  • Puji Astuti Mahasiswa UNSIQ
  • Nasokah Nasokah
  • Muhtar Sofwan Hidayat
Keywords:
Etnomatematika, Permainan Tradisional Engklek

Abstract

Puji Astuti, NIM :2018030101. Implementasi Pendekatan Etnomatematika Dengan Permainan Engklek Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV MI Ma’arif Lipursari Kecamatan Leksono Kabupaten Wonosobo Tahun pelajaran 2023/2024


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1)bagaimana implementasi pembelajaran etnomatematika melalui permainan engklek pada anak kelas IV MI Ma’arif Lipursari Kecamatan Leksono Kabupaten Wonosobo.(2) adakah peningkatan hasil belajar matematika setelah di implementasikan pembelajaran etnomatematika melalui permainan engklek pada anak kelas IV MI Ma’arif Lipursari Kecamatan Leksono Kabupaten Wonosobo.(3) adakah perbedaan hasil belajar matematika pada anak kelas IV MI Ma’arif Lipursari Kecamatan Leksono Kabupaten Wonosobo antara sebelum di implementasikan pembelajaran etnomatematika melalui permainan engklek dan setelah diimplementasikan pembelajaran etnomatematika melalui permainan engklek.
Bentuk penelitian ini adalah penelitian experimen, Subjek penelitian adalah siswa kelas IV MI Ma’arif Lipursari Leksono Wonosobo yang berjumlah 16 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui beberapa tahap, analisi pendahuluan dan analisis uji hipotesis.
Hasil penelitian ini adalah (1) Penggunaan Etnomatetematika melalui permaianan engkleku ntuk meningkatkan keterampilan anak di kelas IV MI Ma’arif Lipursari Leksono Wonosobo meliputi beberapa proses, antara lain: (a) Perencanaan Pembelajaran dengan permainan engklek, Perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang memuat identitas mata pelajaran, standar kompetensi (SK), Kompetensi dasar (KD), Indikator pencapaian kompetensi, tujuan pembelajaran, materi ajar, alokasi waktu, metode pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan sumber belajar. (2) Peningkatan hasil belajar matematika anak kelas IV MI Ma’arif Lipursari Leksono Wonosobo Tahun Pelajaran 2023/2024 termasuk dalam kategori cukup, didasarkan pada hasil uji g diperoleh nilai gain sebesar 0,65. (3) Perbedaan Hasil belajar matematika anak kelas IV MI Ma’arif Lipursari Leksono Wonosobo sebelum dan sesuadah pendekatan etnomatematika dengan permainan engklek meningkat hal ini ditunjukan dengan thitung lebih besar dari ttabel yaitu 9,911 > 2,947/2,131

Downloads

Download data is not yet available.

References

A’yun HA, Salisah Qurrota. 2019. “Penggunaan Media Flip Chart untuk meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Arab kelas V MI Roudlotush sholihin Jemur Pejagoan Kebumen Tahun Pelajaran 2018/2019”, Skripsi Sarjana FITK UNSIQ Wonosobo.
Abdullah, Sahlah. 2009. Kecerdasan Pelbagai Aplikasi dalam pengajaran dan pembelajaran. Bandung: Ganesindo.
Abdurrahman, Mulyono. 2010. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Jakarta : PT Rineka Cipta.
Achroni, Keen. 2012. Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak Melalui Permainan Tradisional. Yogyakarta: Javalitera.
Afifudin dan Beni Ahmad Saebani. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Pustaka Setia.
Ahmadi, Abu dan Nur Uhbiyati. 2015. Ilmu pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta
Ali, Mohamad. 2013. Penelitian Kependidikan Prosedur dan Strategi, Bandung: Angkasa
Almaidah, Esti. 2020. “Penerapan Permainan Monopoli untuk Meningkatkan Penguasaan Mufrodat Bahasa Arab pada Siswa Kelas VIII MTs Ma’arif NU 11 Purbasari Purbalingga Tahun Pelajaran 2020/2021”, Skripsi Wonosobo : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Sains Al-Qur’an,.
Andin, Sefrina. 2013. Deteksi Minat Bakat Anak. Jakarta: Media Pressindo
Anwar, Saefuddin. 2010. Metodologi Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ardi wiyani, Nonan & Barnawi. 2016. Bermain dan kreativitas anak usia dini. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Peneliian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsini. 2013. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik), cet. Ke – 15, Jakarta: PT Rineka Cipta.
Asmani, Jamal Ma’mur. 2014. 7 Tips Aplikasi PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan), Jogjakarta: DIVA Press.
Asrori, Mohammad. 2009. Penelitan Tindakan Kelas. Bandung: CV Wacana Prima.
Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran, Bandung : ALFABETA CV.
Ayunita. Desviati. 2013. Panduan Lengkap Mencerdaskan Otak Anak Usia 1-6 tahun. Yogyakarta: Araska.
Bungin, Burhan. 2012. Penelitian Kualitatif Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial Lainnya, Jakarta: Kencana Penada Media.
Campebel, Linda. 2002. Multiple Intelligences: Metode Terbaru Melesatkan Kecerdasan. Penerjemah: Tim Inisiasi. Depok: Inisiasi Press.
Cornelia Suryaningsih,. 2017. Penerapan Puzzle Bernuansa Etnomatematika Melalui Permainan Engklek pada Materi Bangun Datar, Volume IV, No. 4
Djamarah, Syaiful Bahri. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Rineka Cipta
Dokumen Data Guru MI Ma’arif Lipursari Leksono, 8 Agutus 2023.
Dokumen Sarana Prasarana MI Ma’arif Lipursari Leksono, 8 Agutus 2023.
Dokumen Visi, Misi MI Ma’arif Lipursari Leksono, 8 Agutus 2023.
Dyer, Laura. 2009. Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak. Jakarta: PT Bhuana Ilmu Populer Kelompok Gramedia
Faldi Syukur, Freddy. 2011. Menjadi Guru Dahsyat Guru Yang Memikat, Bandung:
Faturrahman, Dian. 2002. Pendidikan Agama Dalam Keluarga, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Fauzil, Asri dan Ulfa Lu’luilmaknun. 2019. Etnomatematika Pada Permainan Dengklaq Sebagai Media Pembelajaran Matematika, Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika ISSN 2089-8703 (Print) Volume 8, No. 3, 408-419.
Hadi Amirul dan Haryono, 2005, Metodologi Penelitian Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : CV Pustaka Setia
Indriani, Popi. 2019. Implementasi Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal Dalam Pembelajaran Matematika Pada Jenjang Sekolah Dasar, (Skripsi : Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Raden Intan Lampung.
Irhan, Muhamad dan Novan Ardy Wiyani. 2013. Psikologi Pendidikan Teori dan Aplikasi dalam Proses Pembelajaran, Jakarta : AR-RUZZ Media.
Kurniati, Euis. 2016. Permainan Tradisional dan Peranya Dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak, Jakarta: PT Karisma Putra Pertama.
Mustaqim. 2008. Psikologi Pendidikan, Semarang: Pustaka Pelajar.
Richardo, Rico. 2020. Peran Ethnomatematika Dalam Penerapan Pembelajaran Matematika Pada Kurikulum 2013, Prodi Pendidikan Matematika Universitas Alma Ata Yogyakarta, LITERASI, Volume VII, No. 2 Desember.
Rusliah, N, Pendekatan Etnomatematika dalam Permainan Tradisional Anak di Wilayah Kerapatan Adat Koto Tengah Kota Sungai Penuh Propinsi Jambi. Proceedings of The International Conference on University-Community Engagement, 715–726. Retrieved from http://digilib.uinsby.ac.id/7435/1/Nur Rusliah.pdf
Subana, Moersetyo dan Sudrajat. 2015. Statistika Pendidikan, Bandung : CV PUSTAKA SETIA.
Sudjana, Nana dan Ibrahim. 2012. Penelitian Dan Penilaian Pendidikan, Bandung:Sinar Baru Algensindo.
Sudjana, Nana. 1989. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono, 2013, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D), Bandung:ALFABETA.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2013. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Statistika untuk Penelitian, Bandung : ALFABETA CV.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D),cet. Ke – 27, Bandung : ALFABETA.
Sugiyono. 2019. Statistika untuk Penelitian, Bandung : Alfabeta,.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2012. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2013. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Suryabrata, Sumadi, 2014, Metodologi Penelitian, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Suryaningsih, Cornelia. 2019. Penerapan Puzzle Bernuansa Etnomatematika Melalui Permainan Engklek pada Materi Bangun Datar, Volume IV, No. 4 November.
Uno, Hamzah B dan Masri Kudrat Umar. 2009. Mengelola Kecerdasan dalam Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Usman, Muhammad. 2009. Perkembangan Bahasa dalam Bermain dan Permainan. Jakarta: Elex Media Komputindo.
UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Pasal 1 ayat 1)
Wahyuni, Tri, Ayu Aji Wedaring Tias, Budiman Sani, “Peran Etnomatematika Dalam Membangun Karakter Bangsa” ISBN : 978-979-16353- 9-4,Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta Pendidikan Matematika.
Wardhani Igak dan Kuswaya Wihardit. 2011. Penelitian Tindak Kelas. Jakarta : Universitas Terbuka.
Wardhani, Igak dan Kuswaya Wihardit. 2011. Penelitian Tindak Kelas. Jakarta : Universitas Terbuka
Widyaningrum, Ratih. 2019. Pengaruh Permainan Tradisional Engklek Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan 1-10 Anak Tunagrahita Kelas I Di Slb Bc Ykgr Bayat Klaten Tahun Ajaran 2018/2019, Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Zaenuri, Z., & Dwidayanti, N. (2018, February). Menggali Etnomatematika: Matematika sebagai Produk Budaya. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika Vol. 1, pp. 471-476.

Siti Mutmainah, Guru kelas IV MI Ma’arif Lipursari Wonosobo,, wawancara oleh penulis di Wonosobo, tanggal 8 Agutus 2023.
Published
2023-12-06
How to Cite
AstutiP., NasokahN., & HidayatM. (2023, December 6). IMPLEMENTASI PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA DENGAN PERMAINAN ENGKLEK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV MI MA’ARIF LIPURSARI KECAMATAN LEKSONO KABUPATEN WONOSOBO TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Alphateach (Jurnal Profesi Kependidikan Dan Keguruan), 3(2), 1-7. https://doi.org/https://doi.org/10.32699/alphateach.v3i2.5962

STATISTICS

Abstract viewed = 253 times
pdf downloaded = 95 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>