Analisis Pengelolaan Program Khusus Tahfidz dan keberhasilan siswa di asrama SMA Takhassus Al Qur'an Wonosobo

  • Kurnia Wahyu Nurhayati Universitas Sains Al-Qur'an
  • Nasokah Nasokah
  • Chairani Astina
Keywords:
Program Tahfidz, keberhasilan

Abstract

Al-Qur’an adalah kalam Allah yang memiliki banyak manfaat, salah satu manfaat bagi penghafal al-Qur’an yaitu menjadikan fikiran yang jernih dan cemerlang sehingga para penghafal al-Qur’an diyakini bahwa Allah akan memberikan kemudahan dalam segala urusannya terutama dalam menimba ilmu. Seiring berjalannya wajtu, upaya-upaya untuk menjaga kelestarian al-Qur’an sangat masih tetap dilakukan. Salah satunya adalah dengan didirikannya pondok-pondok pesantren tahfidz al-Qur’an. Keberhasilan proses belajar mengajar al-Qur’an sangat tergantung kepada pengelolaannya. Untuk mewujudkan hal tersebut, perlu adanya pengelolaan yang maksimal dalam program khusus tahfidz dan keberhasilan siswa di asrama SMA Takhassus Al-Qur’an Wonosobo. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengelolaan program khusus tahfidz di asrama SMA Takhassus Al-Qur’an Wonosobo, (2) mengetahui keberhasilan siswa program tahfidz di asrama SMA Takhassus Al-Qur’an Wonosobo, (3) mengetahui faktor pendukung dan penghambat pengelolaan program tahfidz dan keberhasilan siswa di asrama SMA Takhassus Al-Qur’an Wonosobo.

Penelitian ini menggunakan kualitatif lapangan yaitu penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata ttertulis atau lisan dari orang-orang dan dari perilaku yang dapat diamati. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.

Hasil penelitian ini menunjukan jika pengelolaan program tahfidz perencanaan menggunakan beberapa macam metode dalam menghafal Qur’an, antara lain: (1) Metode Takror, yaitu mengulang hafalan atau menyimakkan hafalan yang pernah dihafal kepada guru tahfidz, agar hafalan yang pernah dihafal tetap terjaga dengan baik. Selain dengan guru, takror juga dilakukan sendiri-sendiri dengan maksud melancarkan hafalan yang telah dihafal, sehingga tidak mudah lupa. (2) Tasmi’, yaitu memperdengarkan hafalan kepada orang lain baik kepada perseorangan maupun kepada jamaah. Dengan tasmi’ ini seorang penghafal al-Qur’an akan diketahui kekuangan yang ada pada dirinnya, karena bias saja ia lengah dalam mengucapkan huruf atau harakat. (3) Ziyadah, yaitu kegiatan khusus untuk menambah ayat al-Qur’an atau menambah setoran. (4) Rumusan, dipakai untuk menunjukan nomor ayat didalam al-Qur’an. Siswa dilatih untuk mampu menyebutkan nomor ayat di setiap surat.

Keberhasilan merupakan suatu pencapaian terhadap keinginan yang telah kita niatkan untuk kita capai atau kemampuan untuk melewati dan mengatasi diri dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa kehilangan semangat. Keberhasilan siswa program tahfidz di asrama SMA Takhassus Al-Qur’an cukup bagus kurang lebih mencapai 50%, siswa yang lulus telah selesai dalam setoran, kemudian sudah tasmi’ 15 juz secara lancar beserta rumusan.

Faktor pendukung pengelolaan program khusus tahfidz dan keberhasilan siswa di asrama SMA Takhassus Al-Qur’an Wonosbo diantaranya adalah kenyamanan, pemberian motivasi, ketenangan, faktor kesehatan psikologis, dukungan dari berbagai pihak seperti dukungan dari orang tua, dukungan dari ustadzah, dan dukungan dari para pengurus program tahfidz. Sedangkan faktor penghambat dalam pengelolaan program khusus tahfidz dan keberhasilan siswa di asrama SMA Takhassus Al-Qur’an diantaranya adalah faktor waktu, kedisiplinan, sering lupa, memiliki masalah dengan teman, dengan keluarga, ekonomi dan terkadang santri malas didalam menghafal.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Majid Khon. 2011. Praktikum Qiraa’at:Keanehan Bacaan Al-Qur’an Qira’at Ashim Dan Hafish. Cet. 1: Jakarta: Amzah
Abdul Quashem. 2001. Pemahaman Al-Qur’an Adab Kaum Sufi. Surabaya: Risa’ah Gusti.
Afifuddin. 2008. Pengelolaan Pendidikan Teori dan Praktek. Bandung: Prospect.
Anis Ahmad Karzun. 2006. Nasihat Kepada Pembaca Al-Qur’an. Solo: Pustaka Arafah.
Dadan Rusmana. 2015. Metode peneliatian Al Qur’an dan Tafsir. Bandung: CV PUSTAKA SETIA.
Eko Aristanto dkk.2019. Taud Hubungan Ahirat Perspektif ”Kuttab Rumah Qur’an.” Ponorogo : Uwais inspirati Indonesia.
Hitami, Munzir. 2012. Pengantar Studi Al-Qu’an: Teori Dan Pendekatan. Yogyakarta: Lkis.
https://uinsgd.ac.id/pengelola-pendidikan/
Irja Nasrullah. 2016. Al-Qur’an atara tuduhan dan realitas. Jakarta:Gramedia Kamus Besar Bahasa Indonesia. Cet4; Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Laboratorium Keagamaan. 2018. Pedoman Pelaksanaan Program Tahfidz. Skripsi: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang.
Muhammad Chirzin. 2011. Kearifan Al-Qur’an. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.
Muhammad Fadlun. 2013. Keajaiban Dan Mu’jizat Membaca Al-Qur’an. Cet. 1: Pustaka Merdeka.
Mustaid, Mustakim. Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekrti.
Nana syaodih sukmadinanta. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.
Roqib, Moh. 2009. Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: PT.LKS Printing Cemerlang.
Sa’dulloh. 2008. 9 Cara Praktis Menghafal. Jakarta: Gema Insani.
Safri. 2022. Literatur Review Keberhasilan Pendidikan: Berfikir Sistem, Potensi Eksternal dan Kurikulum. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem , Informasi, Vol.3, No.1.
Sucipto, Tahfidz Al-Qur’an Melejitkan Prestasi. 2020. Sidoarjo: Guepedia
Suharmini Arikunto dan Ceoi Safruddin Abdul Jabar. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sukmadinata, Nana Syaodih, 2020. Metode Penelitian Pendidikan. Cet. II: Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Suprapto. 2013. Metodologi penelitian ilmu pendidikan dan ilmu-ilmu pengetahuan social. Yogyakarta: CAPS.
Suryo subroto. 2010. Manajemen Pendidikan di Sekolah. Cet. 2 Jakarta: Rineka Cipta.
Thalhas. 2008. Fokus isi & makna Al-Qur’an. Jakarta: Galura pase.
Yusron Masduki. 2018. Impliksi Psikologi Bagi Penghafal Al-Qur’an. Jurnal Medina-Te Vol. 18 Nomor. 1.
Yusuf Al-Qaradhawi. 2000. Bagaimana Berinteraksi Dengan Al-Qur’an. Jakarta Timur: pustaka Al-Kautsar.
Published
2023-12-19
How to Cite
NurhayatiK., NasokahN., & AstinaC. (2023, December 19). Analisis Pengelolaan Program Khusus Tahfidz dan keberhasilan siswa di asrama SMA Takhassus Al Qur’an Wonosobo. Alphateach (Jurnal Profesi Kependidikan Dan Keguruan), 3(2), 1-6. https://doi.org/https://doi.org/10.32699/alphateach.v3i2.5226

STATISTICS

Abstract viewed = 298 times
pdf downloaded = 77 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>