Implementasi Pembelajaran kitab Tuhfatul Athfal Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an kelas II Ula B Santri Madrasah Diniyah Ma'had Mamba'ul Qur'an Kalibeber Mojotengah Wonosobo
Implementasi, Tuhfatul athfal, Membaca Al-Qur'an
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) untuk mengetahui konsep pembelajaran kitab Tuhfatul Athfal dan kemampuan membaca al-Qur’an kelas II Ula B putri santri Madrasah Diniyah Ma’had Mamba’ul Qur’an 2) untuk mengetahui implementasi pembelajaran kitab Tuhfatul Athfal dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an kelas II Ula B putri santri Madrasah Diniyah Ma’had Mamba’ul Qur’an 3) untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi pembelajaran kitab Tuhfatul Athfal dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an kelas II Ula B putri santri Madrasah Diniyah Ma’had Mamba’ul Qur’an.
Skripsi ini mengunakan penelitian lapangan kualitatif dan deskriptif. Proses pengmpulan dta mengunakan obsrvasi partiisipan, wawanncara mendalam dan studii pustaka. Metode analisis data yang digunakan adalah penelitian sebelum terjun ke lapangan, kemudian menganalisis data di lapangan dengan menggunakan contohhcontoh untuk mereduksi data yang tidak relevan, menafsirkan data dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah: 1) Pemikiran kitab Tuhfatul Athfal dan kemampuan membaca Al Quran kelas II Ula B putri merupakan pendidikan struktural, mata pelajaran Tuhfatul Athfal dan media pendidikan. 2) pelaksanaan program pembelajaran kitab Tuhfatul Athfal lebih baik membaca kekuatan Al Quran kelas II Ula B putri mempunyai tiga ruang lingkup, yaitu membuka pelajaran dan terlebih dahullu membaca nadhom, memperkenalkan topik penutup. 3) faktorr pendukunng dan penghmbat implementasi kitab Tuhfatul Athfal dalam meningkatkan kemampuann membaaca Al-Q ur'an putri Ula B kelas II. Yang menunjang pembelajaran Tuhfatul Athfal adalah penggunaan materi pembelajaran yang sesuai, yaitu bacaan Al Quran, Subuh dan Asar bersama ustadzah. Yang menghambat pembelajaran Tuhfatul Athfal adalah tingkat pendidikan peserta didik, kurangnya waktu, kurangnya waktu serta munculnya naluri malas dan lelah.
Downloads
References
Prahara, Erwin Yudi. 2009. Materi Pendidikan Agama Islam.Ponorogo: STAIN Po Press.
Khoirun Nisa, Nur Anita Waslah. “Strategi Peningkatan Kualitas Membaca Al-Qur’an Dengan Pendekatan Ilmu Tajwid Di Pondok Pesantren Al-Ihsan Kalijaring Jombang.” Universitas KH. A Wahab Hasbullah, 2 April 2020.
Rukhin,2021. Metedologi Penelitian Kualitatif edisi Revisi. Surabaya: CV Jakad Media Publishing.
Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan.
Al-Fadhli, M. laili. 2019. Syarah Tuhfatul Athfal: Penjelasan Hukum Tajwid dan Dasar-Dasar Tajwidul Huruf. Sukoharjo: Nur Cahaya Ilmu.
Alhafidz, Ahsin W. 1994. Bimbingan Praktis Menghafal Al-Qur’an. Jakarta: Bumi Aksara.
Ali Imron, Efektivitas Penerapan Kitab Tuhfatul Athfal Dalam Meningkatkan Kefasihan Membaca Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Raudhatul Huda Al-Islamy Sidomulyo Pesawaran, (Skripsi Program Strata satu Jurusan Pendidikan Agama Islam UIN Raden Intan Lampung 2019)
Imana, Yuni.2009.Sudah Baik dan Benarkah Bacaan Al-Quranku. Bandung: Khazanah Intelektual.
Imron, Ali. “Efektivitas Penerapan Kitab Tuhfatul Athfal Dalam Meningkatkan Kefasihan Membaca Al-Qur’an Dipondok Pesantren Roudhotul Huda Al-Islamy Sidomulyo Pesawaran” Skripsi Sarjana. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 2019.
Kurnia, Lusi. “Implementasi Pembelajaran Tajwid Melalui Kitab Tuhfatul Athfal di Pondok Pesantren Mathla’ul ‘Ulum Kelurahan Mulya Asri Kabupaten Tulang Bawang Barat”. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Intan Lampung, 2022.