KONSEP PENDIDIKAN ANAK DALAM PERSPEKTIF TAFSIR AL AZHAR “ QS. LUQMAN AYAT 13-19 ” KARYA PROF. DR. HAMKA
Akhlak Hamka, pendidikan akhlak
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep serta metode yang digagas oleh hamka dalam pengembangan pendidikan akhlak anak. Penelitian ini saya lakukan dengan mencari berbagai sumber bacaan yang bersangkutan atau berkaitan dengan pendidikan akhlak anak.
Hamka adalah seorang tokoh yang banyak berkontribusi dalam dunia pendidikan. Walaupun tulisan Hamka sendiri yang spesifik membahas masalah pendidikan sangat jarang ditemui, akan tetapi ide-ide serta berbagai macam konsep serta metode pendidikannya itu dapat digalih dari berbagai macam tulisan Hamka sendiri ataupun tulisan karya orang lain yang membahas seorang Hamka.
Di masa ini, banyak kita temui anak-anak ataupun orang dewasa sudah tidak lagi mengindahkan akhlak, padahal akhlak adalah salah satu kunci keberhasilan hidup. Bahkan Rasullullah pun diutus untuk menyempurnakan akhlak, maka dari itu penulis menginginkan skripsi yang penulis susun ini dapat memberikan banyak manfaat bagi para pendidik untuk menjadikan isi dari skripsi ini sebagai bahan tambahan dalam bekal mendidik akhlak siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah memperoleh pengetahuan tentang konsep, materi ajar serta metode pendidikan anak dalam pengembangan akhlak menurut Hamka.
Downloads
References
Shihab, Quraish.2010. Membumikan Al-Qur’an, Jakarta: Lentera Hati.
Abu, Ahmadi dan Nur Uhbiyati. 2007. Ilmu Pendidikan Jakarta: PT Rineka Cipta.
Huda, Miftahul dan Muhammad Idris. Nalar Pendidikan Anak Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Wahid, Sa’ad Abdul. Tafsir Al-Hidayah(Ayat-Ayat Aqidah) Jilid I (Yogyakarta: PT. Surya Sarana Utama, 2003), hal. 107-108.
Usman. 2010. Filsafat Pendidikan Yogyakarta: Teras.
Zuhairini, dkk. 2009. Filsafat Pendidikan Islam Jakarta: Bumi Aksara.