Implementasi program quantum training al-qur'an(QTA) dalam meningkatkan kemampuan membaca al-qur'an dengan cdoat,tepat,dan menyenangkan di TPQ yayasan Hidayatut Tholibin Kroya cilacap

  • Chudrotun Nafisah PGMI
  • Muchotob Hamzah
  • Ali Mu'tafi
Keywords:
Metode Quantum Training al-Qur'an

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui program quantum training al-Qur'an. (2) mengetahui implementasi program quantum training al-Quran untuk mendukung kelancaran santri dalam membaca al-Qur'an. (3) mengetahui factor penghambat dan pendukung implementasi program quantum training al- Qur'an untuk mendukung kelancaran santri dalam membaca al- Qur'an. penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Adapun subjek penelitian adalah Kepala TPQ Yayasan Hidayatut Tholibin asatid/asatidzah, santri TPQ Yayasan Hidayatut Tholibin, teknik analisis data yang digunakan ialah memakai penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) program Quantum Training al-Qur'an di TPQ Yayasan Hidayatut Tholibin merupakan metode baru untuk meningkatkan kemampuan membaca al-Qur'an, dan hasil dari penerapan metode ini antar santri akan berbeda-beda sehingga pengajar akan memberikan bimbingan lebih seperti pengulangan membaca beberapa kali pada huruf halaman jilid yang sedang dibaca. (2) Implementasi program Quantum Training al-Qur'an di TPQ Yayasan Hidayatut Tholibin. Implementasi metode Quantum Training al-Qur'an yaitu santri membaca al- Qur'an dengan maju satu persatu dengan ustadz/ustadzah sesuai dengan jilidnya, jika santri salah bacaannya ustadzah kemudian memberikan kode berupa gerak mulut dan bibir, santri yang dapat membaca dengan lancar maka bacaannya dinaikkan kehalaman berikutnya, dan santri yang bacaannnya belum lancar diberi kesempatan mengulang bacaannya selama 3 kali pertemuan, apabila dalam 3 kali pertemuan masih belum lancar bacaannya maka diturunkan pada halaman atau jilid sebelumnya. (3) Faktor penghambat dan pendukung Implementasi program Quantum Training al-Qur'an di TPQ Yayasan Hidayatut Tholibin. Faktor penghambat yaitu ada dua faktor, yang pertama faktor internal dan faktor eksternal. Kemudian faktor pendukung dari implementasi program Quantum Training al-Qur'an yaitu latar belakang pendidik pengajar pengalaman mengajar yang dimilik kemampuan santri, waktu pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifudin. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: CV, Pustaka Setia. Al-Asy'ari, A. (2018). Tiqui Taca Tahfidz Al-Qur'an. Wonosobo: Ruko Cerdas Campur Sari. Margono. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung: Alfabeta. Syafii, M. A. (1994). Materi Pokok Pendidikan Dan Pwngamalan Ibadah. Jakarta: Diktorat

Jendral Pembinaan Kebangsaan Agama Islam. Zulfison, & Muharom. (2003), Belajar Mudah Membaca Al-Qur'an Dengan Metode Mandiri. Jakarta: Ciputat Press.
Published
2024-12-31
How to Cite
NafisahC., HamzahM., & Mu’tafiA. (2024, December 31). Implementasi program quantum training al-qur’an(QTA) dalam meningkatkan kemampuan membaca al-qur’an dengan cdoat,tepat,dan menyenangkan di TPQ yayasan Hidayatut Tholibin Kroya cilacap. Alphateach (Jurnal Profesi Kependidikan Dan Keguruan), 4(2), 83-90. https://doi.org/https://doi.org/10.32699/alphateach.v4i2.7185

STATISTICS

Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 0 times

Most read articles by the same author(s)