Konsep Pendidikan Akhlak Tafsir Jalalain Qur'an Surat Al-Osra' Ayat 23-24
Konsep, Pendidikan Akhlak, Tafsīr Jalālain
Abstract
Skripsi ini bertujuan untuk memahami kandungan dari ayat 23-24 dari Surah Al-Isra' dalam Al-Qur'an serta untuk menyelidiki konsep pendidikan moral dalam perspektif Tafsir Jalalain terhadap ayat tersebut.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan,(library research) sumber data utamanya adalah literatur yang relevan, yaitu data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari Tafsir Jalalain ayat 23-24 Surah Al-Isra', sementara data sekundernya meliputi buku-buku tentang pendidikan moral, skripsi, artikel, dan sumber online lainnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan pencarian online, dengan analisis isi sebagai pendekatan analisis utama.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kandungan ayat 23-24 dari Surah Al-Isra' mengandung nilai-nilai pendidikan moral, seperti penghormatan terhadap Allah, penghargaan terhadap kedua orang tua, dan larangan untuk bersikap kasar terhadap mereka, berbicara dengan penuh sopan dan santun serta dilandasi oleh kasih sayang dan penghormatan kepada kedua orang tua, dan konsep Pendidikan Akhlak dari sudut pandang Tafsir Jalalain terhadap ayat 23-24 dari Surah Al-Isra'. Konsep ini terbagi dalam berbagai aspek, dintaranya: (a) Akhlak kepada Allah, (b) Akhlak terhadap Rasulullah, dan (c) Akhlak terhadap kedua orang tua. Dengan materi yang diajarkan adalah pendidikan Aqidah dan akhlak dan metode yang digunakan dalam mendidik anak yaitu dengan metode pembiasaan, keteladanan, diskusi, nasihat, dan metode pemberian ganjaran atau reward. Konsep pendidikan akhlak perspektif Tafsīr Jalālain adalah proses bertahap untuk mngenalkan pengetahuan kepada manusia, yang kemdian diarahkan untuk meningkatkan kehidupan dengan memperbaiki akhlak terhadap Allah SWT dan sesama manusia, seperti yang dijelaskan dalam Q.S. Al-Isra’ Ayat 23-24
Downloads
References
Arifin, syamsul arbangi. 2020. Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Bingkai Profesionalisme. Malang: Literasi Nusantara.
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rajawali.
Aziz, Abdul Dahlan. 2001. Ensiklopedia Islam. Jakarta: Ikhtiar Baru.
Hafidhudin, Didin. 2006. Agar Layar Tetap Berkembang. Depok: Gema Insani.
Miksan Ansori. 2019. Dimensi HAM Dalam UU Sistem Pendidikan Nomr 20 Tahun 2003. kediri: Laifa poress.
PAI, Tim Dosen. 2016. Bunga Rampai Penelitian Pendidikan Dalam Agama Islam. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Penyusun, Tim. 2021. Buku Panduan Skripsi. Wonosobo: Unsiq Press.
Sani, Ridwan Abdulloh. 2016. Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.