ANALISIS KONSEP TA’DHIM SANTRI KEPADA GURU DAN RELEVANSINYA DI ERA SEKARANG
Ta’dhim santri kepada guru, kitab adab Al-‘Alim Wal Muta’allim, Relevansi
Abstract
Skripsi ini memiliki tujuan untuk: 1) mengetahui konsep ta’dhim santri kepada guru dalam kitab Adab al-‘Alim Wal Muta’allim Karya KH. Hasyim Asy’ari. 2) mengetahui relevansi konsep ta’dhim santri kepada guru dalam kitab Adab al-‘Alim Wal Muta’allim Karya KH. Hasyim Asy’ari di era sekarang.
Penulisan skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif dimana jenis penelitiannya bersifat library research. Teknik pengumpulan data dengan metode documenter dan penelusuran data online. Sumber data yang diperoleh dari sumber data primer dan data sekunder. Data primer adalah kitab adab al-‘Alim Wal Muta’allim, sedangkan data sekunder adalah buku-buku yang berkaitan dengan adab/akhlak santri kepada guru. Adapun teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis isi dan analisis wacana.
Dalam penelitian skripsi ini memberikah hasil bahwa, 1) konsep ta’dhim santri kepada guru pada prinsipnya yaitu seorang santri ditekankan untuk menjaga adab dengan gurunya, baik dalam perilaku, ucapan dan perbuatan. santri juga dituntut untuk khidmah kepada gurunya, memberikan kenyamanan dan pelayanan yang sempurna kepadanya. bila etika-etika tersebut dijalankan dengan baik, maka sangat besar peluang murid untuk mendapatkan keberkahan dan ilmu yang bermanfaat. 2) Relevansi konsep ta’dhim santri kepada guru dalam kitab Adab al-‘Alim wal Muta’allim karya KH. Hasyim Asy’ari di era sekarang yaitu sangat relevan diterapkan pada diri murid atau santri dalam proses mencari ilmu dan ridha guru. Pemikiran pendidikan KH. Hasyim Asy’ari sebagaimana dalam kitab Adab al-‘Alim wal Muta’allim mampu memberikan kontribusi dalam bidang pendidikan karakter dan tujuan pendidikan islam sampai sekarang.
Downloads
References
Pengajar dan Pelajar, Terjemah: Adabul
‘Alim Wal-Muta’allim. Surabaya: Pustaka
Tebuireng.
Asy’ari, Hasyim. Adab Al–‘Alim wa Al–
Muta’allim. Jombang: Maktabah Al – Turots
Al – Islamy.
Az Zarnuji, Syaikh. 2020. Ta’limul Muta’allim.
Semarang:Pustaka ‘Alawiyyah.
Dhofier, Zamakhsyari. 2011. Tradisi Pesantren:
Studi Pandangan Hidup Kyai Dan Visinya
Mengenai Masa Depan Indonesia. Jakarta:
LP3ES.
Drajat, Zakiah. 1982. Pendidikan Agama dan
Pembinaan Mental. Jakarta: Bulan Bintang.
Lillah, Fathu M. 2015. Kajian Dan Anlisis
Ta’limul Muta’allim. Kediri: Santri Salaf
Press.
Moleong, Lexi J. 2005. Metodologi Penelitian
Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rani, Dkk. 2006. Analisis Wacana : Sebuah
Kajian Bahasa Dalam Pemakaian. Malang
:Pustaka Pelajar.
Riadi, Dayun dkk. 2017. Ilmu Pendidikan Islam.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rifai, Muhammad. 2009. KH. HASYIM
ASY’ARI biografi singkat 1871-1947.
Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Sanusi, M. 2013. Inspiratif KH. Ahmad Dahlan
& KH. Hasyim Asy’ari: teladan-teladan
kemuliaan hidup. Yogyakarta: Diva press.
Sholihin, dkk. Peranan Kh. Hasyim Asy'ari
Dalam Pendidikan Di Pesantren Tebuireng
Tahun 1899-1947 Surabaya: Pustaka
Tebuireng.
Soejono. 1999. Metode Penelitian Suatu
Pemikiran Dan Penerapan. Jakarta: Rineka
Cipta. Margono, S. 2007. Metodologi
Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiono. 2015. Memahami Penelitian Kualitatif.
Bandung: Alfabeta.
Zed, Mestika. 2004. Metode Penelitian
Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor
Indonesia