KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK PADA ANAK DALAM KELUARGA (Kajian Q. S Luqman Ayat 17)
Moral Education, Family, Q.S Luqman Verse 17
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk: 1) untuk mengetahui konsep pendidikan akhlak pada anak dalam keluarga; 2) mengetahui konsep pendidikan akhlak pada anak dalam keluarga kajian Q.S Luqman ayat 17.Artikel ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiannya bersifat kepustakaan (library research). Sumber data diperoleh dari sumber primer dan sekunder (Q.S Luqman, buku tafsir, referensi seperti buku, jurnal, skripsi terdahulu yang berkaitan dengan artikel ini). Kemudian analisis datanya menggunakan teknik analisis isi (content analysis) dan metode maudhu’i.
Berdasarkan hasil penelitian, peran keluarga dalam mendidik anak sangat berpengaruh terhadap akhlak anak. Orangtua harus menggunakan kasih sayang dalam mendidik anaknya. Sesuai dengan Surat Luqman ayat 17 yang menjelaskan bahwa Luqman memberikan nasihat dengan penuh kasih sayang dan memberikan pendidikan utama yaitu shalat, amar ma’ruf nahi mungkar dan sabar. Penerapannya dengan keteladanan, nasihat, ajakan, perintah ataupun hukuman yang bersifat mendidik.
Downloads
References
Iriani, Dewi. (2014). Kesalahan dalam Mendidik Anak. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Munandar, Arif. (2021). Konsep Pendidikan Akhlak Generasi Milenial (Kajian Ayat Q.S Al-Hujarat Ayat 11). Wonosobo: Universitas Sains Al-Qur’an.
Murtafiah, Eli. (2019). Pentingnya Peran Ibu sebagai Madrasah Al-Ula dalam Pendidikan Anak. Surakarta: IAIN. http://iain-surakarta.ac.id (diakses pada3 Desember 2021 pukul 09:50)
Sungkowo. (2014). Konsep Pendidikan Akhlak. Jambi: Nur El-Islam.
Suryabrata, Sumardi. (2010). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Syukur, Fatah. (2011). Manajemen Pendidikan Berbasis Pada Madrasah. Semarang: PT Pustaka Rizki Putra.
Yasin, Yasin. (2020). Mengenal Metode Penafsiran Alquran. Jakarta: Tahdzib Akhlak.