ANALISA KINERJA OPERASIONAL ANGKUTAN KOTA RUTE WONOSOBO – MOJOTENGAH

  • Wiji Lestarini Universitas Sains Al-Quran
  • Ratih Retnoningrum Universitas Sains Al-Quran
Keywords:
kinerja, Angkutan Kota, Rute Wonosobo - Kertek

Abstract

Kotadengan segala aktifitasnya membutuhkan transportasi guna menunjang pergerakan masyarakatnya, baik yang berasa di kota maupun masyarakat yang berada di sekitarnya. Untuk itu angkutan umum yang ada harus memiliki kinerja atau pelayanan yang baik, sehingga permasalahan aksesbilitas dan mobilitas dapat teratasi atau diminimalisir sekecil mungkin. Tujuan dari evaluasi kinerja angkutan ini adalah untuk mengetahui factor-faktor apa saja yang mempengaruhi kinerja angkutan umum dan untuk memprediksi tingkat kebutuhan akan angkutan umum pada saat sekarang dan masa yang akan datang.

Metode dishub adalah salah satu metode yang digunakan untuk menilai kinerja angkutan umum. Dalam metode ini ada beberapa penilaian seperti factor muat penumpang, kecepatan perjalanan, frekuensi, headway, waktu tunggu, waktu pelayanan, armada yang beroperasi dan sirkulasi waktu.

Penelitian ini berlokasi di rute Wonosobo-Kertek. Penelitian ini menggunakan metode Dinas Perhubungan. Adapun metode penelitian mengumpulkan data primer dan data sekunder yang terkait dengan indicator kualitas pelayanan angkutan umum. Survey pengumpulan data primer yaitu dengan menempatkan 2 surveior di terminal kretek dan 2 surveior di terminal wonosobo. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis dengan parameter diatas.

Hasil analisis data tersebut berdasarkan standar parameter tersebut adalah baik yaitu dengan mendapat rata-rata pembobotan nilai 3. Namun ada beberapa pembenahan parameter yaitu: Load Factor yang belum optimal, Waktu Pelayanan, waktu tunggu, dan Waktu Sirkulasi. Dan dari analisis tersebut di prediksikan terjadi kenaikan tingkat kebutuhannya yaitu sebesar 14,37% untuk tiap tahunnya dan untuk lima tahun kedepan membutuhkan kendaraan yang beroperasi sebesar 66 kendaraan dengan load factor 70%.

Dari hasil analisis tersebut penulis memberi saran agar pelayanan terhadap penumpang lebih ditingkatkan agar lebih menarik minat masyarakat menggunakan jenis angkutan ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dinas Perhubungan Komunikasi Dan Informatika, Data Sarana dan Prasrana, Kab. Wonosobo, 2017.

Badan Pusat Statistik Wonosobo, Wonosobo Dalam Angka Tahun 2009, Kab. Wonosobo.

Departemen Perhubungan RI, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, (2002).

Dinas Perhubungan Republik Indonesia Peraturan menteri Nomor 98 Tahun 2013.


Morlok E. K, 1978, Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi, Penerbit Erlangga Jakarta.

Suwarjoko Warpani, 1984, Analisis Kota dan Daerah, Penerbit Insitut Teknologi Bandung.

Tamin O.Z, 1997, Perencanaan dan Pedoman Transportasi, Peberbit Insitut Teknologi Bandung.

www.google.com, Faisal Tamimi(TA), 2016, Analisis dan Perencanaan Angkutan Perkotaan Kabupaten Wonosobo.
Published
2019-09-30
How to Cite
LestariniW., & RetnoningrumR. (2019, September 30). ANALISA KINERJA OPERASIONAL ANGKUTAN KOTA RUTE WONOSOBO – MOJOTENGAH. Teras, 9(3), 36-46. Retrieved from https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/teras/article/view/2128
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 228 times
PDF downloaded = 117 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>