PENINGKATAN SDM BAGI TUKANG BANGUNAN DENGAN PEMBEKALAN GAMBAR TEKNIK DAN ANALISA BIAYA DI MOJOTENGAH WONOSOBO

  • Wiji Lestarini Universitas Sains Al-Quran
  • Suharto Suharto Universitas Sains Al-Quran
  • Nasyiin Faqih Universitas Sains Al-Quran
Keywords:
SDM Tukang Bangunan, Gambar Teknik, Analisis Biaya

Abstract

Tukang bangunan merupakan profesi pekerjaan yang sangat penting bagi dunia konstruksi, tanpa peran dan keberadaan tukang bangunan akan sulit terciptanya suatu konstruksi yang telah direncanakan. Minimnya pengetahuan bekal ilmu bangunan yang dimiliki oleh para tukang berakibat tukang tidak dapat bekerja secara professional dan kesulitan pada saat ingin mengembangkan kemampuannya menjadi tukang yang memiliki keahlian khusus. Pemberian bekal pelatihan berupa ilmu bangunan secara kontinyu baik dengan cara klasikal maupun pendampingan dilapangan diharapkan menjadi solusi bagi tukang bangunan agar  dapat menjadi tukang yang lebih profesional dan dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam bidang bangunan.

Metode pelaksanaan kegiatan berupa proses pelatihan secara kontinyu dan tersechedule didalam ruangan serta kegiatan pelayanan jasa konsultasi dan pendampingan terhadap tukang yang menemukan kesulitan terkait dengan pekerjannya.

Setelah diberikan pelatihan secara kontinyu ± 38 kali pertemuan berupa tutorial klasikal, dan pendampingan  selama mengerjakan latihan-latihan soal serta jasa konsultasi terkait dengan pekerjaan mitra dilapangan, telah terjadi peningkatan pengetahuan dan ketrampilan mitra tentang ilmu bangunan  dimana yang pada awal tes hampir semua mitra, bahkan ada mitra yang sudah 19 tahun bekerja masih juga belum paham menghitung volume galian tanah yang sangat sederhana, volume pondasi, desain bangunan sederhana (contoh pos kampling), angaran biaya bangunan sederhan dan sebaginya, menjadi lebih paham dan lebih mengerti tentang ilmu bangunan yang menjadi bekal dalam pekerjannya.

Untuk mengoptimalkan hasil pelatihan, diharapkan kepada mitra dapat melakukan pelatihan  secara terus menerus dan kontinyu secara mandiri agar mitra benar-benar menguasai bekal ilmu bangunan yang sudah diperolehnya, sehingga dapat mengembangkannya untuk desain-desain bangunan yang lebih komplek serta selalu mempraktekkan bekal pengetahuan yang telah diterimanya dilapangan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Direktorat Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat DIKTI, 2013, Panduan Pelaksanaan Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Diperguruan Tinggi Edisi IX, Jakarta.
Zenal A.Z., 2004, Menghitung Anggaran Biaya Bangunan, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
PU Ciptakarya., 2012, Analis Harga Satuan SNI, DPU Wonosobo
Imam Subarkah, Ir., 1988, Konstruksi Bangunan Gedung, Idea Dharma, Bandung.
Zaenal A.Z., 1980, Membangun Rumah (Rencana Dan Bahan-Bahan Yang Dipakai), Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Published
2018-06-30
How to Cite
LestariniW., SuhartoS., & FaqihN. (2018, June 30). PENINGKATAN SDM BAGI TUKANG BANGUNAN DENGAN PEMBEKALAN GAMBAR TEKNIK DAN ANALISA BIAYA DI MOJOTENGAH WONOSOBO. Teras, 8(2), 13-20. Retrieved from https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/teras/article/view/2059
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 219 times
PDF downloaded = 84 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>