METODE SYAWIR DALAM PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI PONPES NURUL FALAH BERBAUR

  • Nurul Fala UNSIQ
  • Zaenal Sukawi UNSIQ
  • Lutfan Muntaqo UNSIQ

Abstract

At the Nurul Falah Berbaur Islamic Boarding School, the deliberation (Syawir) method is routinely applied in the study of yellow books. This activity involves students being divided into groups to discuss specific themes or chapters, with debate sessions deepening understanding of the material. This study used a qualitative approach to evaluate the impact of the Syawir method, which has been shown to improve students' cognitive, affective, and psychomotor abilities, as well as strengthen the social and institutional aspects of the Islamic boarding school. This method also enriches the learning experience, improves the quality of learning, and strengthens social solidarity, making it essential for both personal and institutional development in the Islamic boarding school.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, S. U. (2023). Implementasi Metode Syawir Pada Pembelajaran Fiqih Dalam Meningkatkan Pemahaman Dan Berfikir Kritis Pada Santri Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Majma’al Bahroin Mojogeneng.
Anggiana, E. Y. (2018). Metode Musyawarah Dalam Pembelajaran Fiqh di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Al-Hidayah Karangsuci Purwokerto [Skripsi]. IAIN Purwokerto.
Arief, A. (2002). Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Ciputat Press.
Arief, A. (2022). Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Ciputat Pers.
Asmanidar, A. (2021). Suluk dan Perubahan Perilaku Sosial Salik (Telaah Teori Konstruksi Sosial Peter L Berger dan Thomas Luckman). Abrahamic Religions: Jurnal Studi Agama-Agama, 1(1), 99–107.
Ega Ludi Utama. (2024). Hasil wawancara dengan Ega Ludi Utama selaku santri kelas Ibtida’ pondok Nurul Falah.
Faiqoh. (2003). Pondok Pesantren Madrasah Diniyah, Pertumbuhan dan Perkembangan. Departemen Agama RI.
Irfan Taufik. (2024). Hasil wawancara dengan Bapak Irfan Taufik selaku pengurus dan ustadz pondok Nurul Falah.
Langgulung, H. (1995). Pendidikan dan Peradaban Islam. Pustaka Al Husna.
Nur Chalimah. (2024). Hasil wawancara dengan Nur Chalimah selaku alumni pondok Nurul Falah.
Nurkhalis, N. (2018). Bangunan Pembentukan Teori Konstruksi Sosial Peter L Berger: Teori Pembedah Realitas Ganda Kehidupan Manusia. Community: Pengawas Dinamika Sosial, 4(1), 74–89.
Ramayulis. (2005). Metodologi Pendidikan Agama Islam. Kalam Mulia.
Rauf. (2024). Hasil wawancara dengan Rauf selaku ustadz pondok Nurul Falah.
Rohman, A. M. (2020). Implementasi Metode Syawir (Diskusi) dalam Meningkatkan Pemahaman Santri di Pondok Pesantren Tarbiyatul Muta’allimin Payaman Babat Lamongan.
Rokhman, I. A. (2025). Metode Syawir Sebagai Strategi Pembelajaran Fiqih Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Santri Pesantren Mahasiswa Al-Hikam. Piwulang: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(2), 268–277.
Siti Marfuah. (2024). Hasil wawancara dengan Siti Marfuah selaku pengurus putri pondok Nurul Falah.
Solihin. (2024). Hasil wawancara dengan Solihin selaku alumni pondok Nurul Falah.
Tafsir, A. (2005). Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Remaja RosidaKarya.
Tidak disebutkan. (2023). Hasil Observasi di Ponpes Nurul Falah Berbaur.
Yuningsih, A. (2006). Implementasi teori konstruksi sosial dalam penelitian public relations. Mediator: Jurnal Komunikasi, 7(1), 59–70.
Zaenal Akhyar & Abu Musholikhu. (2024). Hasil wawancara dengan Zaenal Akhyar dan Abu Musholikhu selaku santri kelas Tsanawi dan Aliyah pondok Nurul Falah.
Published
2024-06-03
How to Cite
Fala, Nurul, Zaenal Sukawi, and Lutfan Muntaqo. 2024. Ta’dib (Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Peradaban Islam) 6 (1), 70-87. Accessed August 7, 2025. https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/takdib/article/view/10041.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>