Layanan Internet Banking dan Pengaruhnya terhadap Loyalitas Nasabah Bank BNI 46 Wonosobo
Bank BNI, Loyalitas, Internet Banking
Abstract
Perkembangan teknologi internet di Indonesia akan sangat membantu berbagai aspek yang ada di masyarakat, tidak terkecuali dunia perbankan. Saat ini telah banyak bank-bank pemerintah dan swasta terkemuka di Indonesia telah mempergunakan layanan ini ke nasabahnya, antara lain Bank BNI 46. Dengan internet banking maka akan banyak keuntungan yang akan diperoleh oleh nasabahnya. Untuk itu banyak bank-bank berusaha untuk menyediakan layanan internet banking rnaupun lebih menyempurnakan layanannya internetnya agar nasabah lebih loyal kepada banknya. Berdasarkan analisa regeresi berganda diketahui bahwa variabel-variabel bebas mempunyai pengaruh positif yang searah dengan variabel terikat. Selanjutnya basil analisis data diperoleh nilai R2 sebesar 0,870. Ini dapat diartikan bahwa 87,0% variasi variabel terikat dipengaruhi oleh vatiabel bebas. Sedangkan sisanya (13,0%) dipengaruhi oleh variabel lain diluar model.Hasil uji hipotesis secara parsial menunjukkan bahwa semuanya mendukung hipotesis 1, 2 dan Hipotesis 3 yang diajukan dimana penerapan layanan internet banking yang terdiri kemudahan transaksi (X1), keamanan transaksi(X2) dan jenis transaksi yang dapat diakses (X3) berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah (Y) Bank BNI Wonosobo.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi, 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Artesa, Ade dan Handiman E. 2009. Bank dan Lembaga Keuangan Bukan Bank. Jakarta: Indeks.
Assael, H. 1998. Consumer Behavior and Marketing Actio. Cincinnati: South-Western College Publishing.
Cenadi, Christine S. 1999. “Elemen-elemen dalam Desain Komunikasi Visual” Jumal Ninnana 1(1).
Dahlan, Siamat. 2005. Manajemen Lembaga Keuangan. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Dharmmesta, Basu S. 1992, Manajemen Pemasaran Modern, Edisi kedua, Cetakan keempat, Liberty, Yogyakarta.
--------------- 1999. “Loyalitas Pelanggan Sebuah Kajian Konseptual Sebagai Panduan Bagi Peneliti”. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia. 14 (3). 73-88.
Durianto, Darmadi dkk. 2004. Strategi Menaklukan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: Gramedia.
Gronroos, Christian. 1991, Manajemen Pelayanan dan Pemasaran. Edisi Ke-3. Jakarta: Salemba Empat.
“internet banking bni”. bni.co.id. http://ibank.bni.co.id (12 April 2020)
Kartajaya, Hermawan. 1996. Marketing Plus 2000 Siasat Memenangkan Persaingan Global. Jakarta: Gramedia.
Kotler, Philip. 2004. Marketing 1. Jakarta: Erlangga.
Lele and Jagdish N, 1995, Pelanggan Kunci Keberhasilan. Edisi Kedua. Jakarta: Mitra Utama.
Mangkunegara, Prabu Anwar. 1992. Perilaku Konsumen, Penerbit PT. Eresco, Bandung
Nitisemito, Alex S. 1986, Marketing. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Nugroho, Bhuana Agung. 2005. Strategi Jitu Memilih Metode Statistik Penelitian dengan SPSS. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Poerwadarminto. 1992, Memahami Perilaku Konsumen, Edisi Ketiga, Cetakan Kedua. Yogyakarta: Cahaya.
Saifuddin, Azwar. 2003. Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sanusi, A. 2000. Prospek Internet banking di Era Millenium III. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Shimp, Terence A. 2003, Advertising Promotion, Supplement Aspect of Integrate Marketing Communication. Florida: The Dryden Press.
Stanton, William J. & Y. Lamarto. 1998. Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Sugiyono. 2004. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Umar, Husein. 2003. Riset Pemasaran & Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia.