Analisis Faktor Kepuasan, Kepercayaan, Komitmen dan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Bank BNI Syariah Semarang
Bank BNI, loyalitas, nasabah.
Abstract
Ada beberapa faktor yang mempengaruhi loyalitas nasabah, antara lain adalah kepuasan, kepercayaan dan komitmen dari nasabah itu sendiri. Tujuan penelitian ini pertama untuk menganalisis pengaruh variabel bebas yaitu faktor kepuasan (X1), kepercayaan (X2) dan komitmen (X3) nasabah dan pengaruhnya terhadap variabel terikat berupa loyalitas nasabah (Y) pada Bank BNI Syariah Semarang. Kedua, menganalisis seberapa besar (signifikansi) pengaruh variabel-variabel bebas secara parsial terhadap variabel terikat. Ketiga menganalisis seberapa besar (signifikansi) pengaruh variabel-variabel bebas secara simultan terhadap variabel terikat. Hasil uji hipotesis baik parsial maupun simultan menunjukkan bahwa semuanya mendukung hipotesis Ha1 dan Ha2 yang diajukan yaitu faktor kepuasan (X1), kepercayaan (X2) dan komitme (X3) nasabah berpengaruh signifikan baik secara parsial maupun simultan terhadap loyalitas nasabah (Y) pada Bank BNI Syariah Semarang. Hasil analisis juga menunjukkan bahwa kepercayaan (X2) merupakan faktor yang paling mempengaruhi loyalitas nasabah dan tingkat loyalitas nasabah di Bank BNI Syariah Semarang adalah tinggi.
Downloads
References
Arifin, Zainul. 2003. Dasar-Dasar Manajemen Bank Syari’ah. Jakarta: Alfabet.
Bank Indonesia. 2000. Penelitian Preferensi dan Perilaku Masyarakat terhadap Bank Syari’ah. Jakarta – BI.
Basu Swastha DH. 1992. Manajemen Pemasaran Modern. Edisi kedua. Cetakan keempat. Yogyakarta: Liberty.
Gronroos, Christian. 1991. Manajemen Pelayanan dan Pemasaran (terj). Edisi Ketiga. Jakarta: Salemba Empat.
Dharmesta, Basu. 1999. Loyalitas Pelanggan Sebuah Kajian Konseptual Sebagai Panduan Bagi Peneliti. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia Vol.14 N.3.
Djarwanto PS dan Pangestu Subagyo. 1993. Statistik Induktif. Edisi keempat. Yogyakarta: BPFE Universitas Gadjah Mada.
Engel, F. James. 1995. Perilaku Konsumen. Edisi Keenam. Jilid 1 dan 2. Jakarta: Binarupa Aksara.
Khairunnissa, Delta. 2002. Preferensi Masyarakat terhadap Bank Syariah: studi kasus pada Bank Muammalat Indonesia dan Bank BNI.
Kotler, Phillip. 1993. Manajemen Pemasaran (terj). Edisi Ketiga. Jilid I dan II. Jakarta: Erlangga.
Kuncoro, Mudrajad. 2002. Manajemen Perbankan:teori dan Aplikasi. Yogyakarta: BPFE.
Lele and Jagdish N. 1995. Pelanggan Kunci Keberhasilan. Edisi Kedua. Jakarta: Mitra Utama.
Manullang. 1991. Ekonomi Perusahaan. Edisi Kedua. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Liberty.
Asri, Marwan. 1991. Marketing. Jilid II. Edisi Kedua. Yogyakarta: AMP.YKPN.
Singarimbun, Masri. 1991. Metode Penelitian Survey. Edisi Revisi. Yogyakarta: Liberty.
Muhammad. 2004. Bank Syariah: Analisis Kekuatan, Kelemehan, Peluang, dan Ancaman. Yogyakarta: Ekonisia.
Nitisemito, Alex. 1991. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua. Cetakan keempat. Jakarta: Ghalia.
Poerwadarminto. 1992. Memahami Perilaku Konsumen. Edisi Ketiga. Cetakan Kedua. Yogyakarta: Cahaya.
Sarv Sing Soin. 1992. Kunci Total Pengendalian Kualitas (terj). Edisi Keempat. Jakarta: Erlangga.
Suparmoko. 1991. Metode Penelitian Praktik (untuk ilmu-ilmu Sosial dan Ekonomi). Yogyakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada.
Supranto, J. 1996. Statistik I dan II. Edisi Kelima. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Sutrisno Hadi. 1991. Metode Research. Jilid II. Edisi 16. Yogyakarta: Yayasan Penerbit Fakultas Psikologi UGM.
Sudjana. 1992. Statistik Untuk Ekonomi dan Niaga Jilid II. Bandung: Tarsito.
Valerie A. Zheitaml and Leonard L.Berry. 1992. Bentuk dan Konsep Kualitas Jasa, Jurnal Pemasaran. FE UI. Jakarta.