PENERAPAN MEDIA STANDING BOARD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Aryo Bhimo Yusup Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Din Azwar Uswatun Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Din Azwar Uswatun Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.32699/spektra.v11i2.9808

Kata Kunci:

Hasil Belajar, Media Pembelajaran, Standing Board, IPA, Sekolah Dasar

Abstrak

Pembelajaran IPA di sekolah dasar sering menghadapi tantangan dalam menciptakan suasana belajar yang menarik dan bermakna. Salah satu kendala utama adalah penggunaan metode ceramah yang membuat siswa kurang aktif dan berdampak pada rendahnya hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan media standing board sebagai alternatif media pembelajaran visual dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi klasifikasi hewan berdasarkan habitat dan cara perkembangbiakannya. Penelitian dilakukan dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus di kelas VI SD Negeri Lembursitu Kota Sukabumi. Instrumen yang digunakan meliputi tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas siswa dan guru. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rata-rata nilai siswa dari 68 pada pra-siklus menjadi 76 pada siklus I, dan mencapai 85 pada siklus II. Aktivitas belajar siswa juga menunjukkan perkembangan positif dalam keterlibatan dan partisipasi selama proses pembelajaran. Kesimpulannya, penggunaan media standing board terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa serta mendorong terciptanya proses pembelajaran yang lebih interaktif dan menyenangkan.

Referensi

Fadillah, M., Cinta, F. L., Purba, R. S. F., Batubara, A. F., & Andriani, A. (2024). Analisis Permasalahan Dalam Pembelajaran IPA Sekolah Dasar Swasta Attaufiq Medan. Jurnal Sadewa, 2(3), 192–202. doi: https://doi.org/10.61132/sadewa.v2i3.962
Hafizah, H., & Ambiyar. (2021). Hubungan Konsep Diri dan Kepercayaan Diri Dengan Hasil Belajar Simulasi Komunikasi dan Digital Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 49–55. http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v5i2
Handayani, F. A., & Haryati, T. (2024). Pemanfaatan Media Pembelajaran QR-Code Sebagai Upaya Implementasi Pendidikan Sesuai Kodrat Zaman KHD di SMP Negeri 6 Semarang. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 809–815. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2180
Kustandi, C., Farhan, M., Zianadezdha, A., Fitri, A. K., & L, N. A. (2021). Pemanfaatan Media Visual Dalam Tercapainya Tujuan Pembelajaran. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(02), 291–299. https://doi.org/10.34005/akademika.v10i02.1402
Novitasari, A. T. (2023). Motivasi Belajar sebagai Faktor Intrinsik Peserta Didik dalam Pencapaian Hasil Belajar. Journal on Education, 5(2), 5110–5118. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1248
Pasaribu, N. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Pakat Melalui Model PBL Pada Peserta Didik SD Negeri 6 Salaon Toba. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dan Agama, 5(2), 1968–1987. doi: https://doi.org/10.55606/semnaspa.v5i2.2224
Pratama, A. D., & Hadi, M. S. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Implementasi Media Belajar Mika Hologram 3d Pada Pembelajaran IPA SD Kelas 5. Jurnal Perseda, VI(3), 172–183. doi: https://doi.org/10.37150/perseda.v6i3.2115
Putri, T. S., Dewi, N. K., & Ekawati, Y. Y. (2024). Penerapan Media Smart Box untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas IV SD Materi Kekayaan Budaya Indonesia. Jurnal Media Akademik, 2(10), 1–16. doi: https//10.62281,Hal1-16
Rahayu, N. F., & Pratiwi, S. (2024). Pengaruh Media Konkret Terhadap Pemahaman Siswa pada Materi Wujud Benda Kelas IV UPTD SDN Burneh 1 Bangkalan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(02), 362–372. https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14938
Saofah, T., Uswatun, D. A., & Sutisnawati, A. (2025). Pengembangan Media Smart Box berbasis Science Environment Technology Society ( SETS ) dalam Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 357–365. https://doi.org/https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1301
Usman, J., Mawardi, Zein, H. M., & Rasyidah. (2019). Pengantar Praktis Penelitian Tindakan kelas (PTK). In Pengantar Praktis Penelitian Tindakan kelas (PTK).

Diterbitkan

2025-10-20

Cara Mengutip

PENERAPAN MEDIA STANDING BOARD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR. (2025). SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 11(2), 297-308. https://doi.org/10.32699/spektra.v11i2.9808