INOVASI PEMBELAJARAN: GAME BASED LEARNING DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA N 1 SUNGAI PENUH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan penerapan game-based learning (GBL) dalam pembelajaran PAI di SMAN 1 Sungai Penuh. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa GBL meningkatkan antusiasme siswa, keterlibatan dalam pembelajaran, dan kemampuan kognitif, serta mempererat hubungan antara guru dan siswa. Namun, kendala utama yang ditemukan adalah terbatasnya fasilitas seperti infokus, waktu yang terbatas, dan keterbatasan akses teknologi siswa. Selain itu, penilaian melalui GBL tidak dapat dijadikan sebagai penilaian utama, sehingga diperlukan penilaian lain. Penelitian ini memberikan wawasan terkait tantangan dan peluang penerapan GBL di SMAN 1 Sungai Penuh.
Downloads
References
Akbar, M. A. R., Safitri, I., & Rusydiyah, E. F. (2024). Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping Pendidikan Agama Islam dalam Perspektif Guru PAI. Journal of Education Research, 5(2), 1899–1910. https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1040
Annuar, H., Solihatin, E., & Khaerudin. (2025). Model Pembelajaran Sainifik. In PT Literasi Nusantara Abadi Grup (Vol. 7, Issue 2).
Cahayu, S. A., Yelianti, U., Wicaksana, E. J., Nataliya, R., Studi, P., Pendidikan, M., Jambi, P. U., Raden, J., No, M., Jambi, P., Tim, K. J., Jambi, K., Penuh, S. M. P. N. S., Mudik, K., Debai, K. K., & Penuh, K. S. (2024). Efektivitas Problem Based Learning Berbasis Game Gurita Point dengan Lesson Study Terhadap Hasil Belajar Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Pada Siswa SMP ( The Effectiveness of Problem Based Learning on the Octopus Point Game with Lesson Study on learning. 10, 80–88.
Cinta, A., Wibawa, P., Mumtaziah, H. Q., Sholaihah, L. A., Pendidikan, U., & Kampus I. (2021). Game-based learning ( gbl ) sebagai inovasi dan solusi percepatan adaptasi belajar pada masa. 3(1), 17–22.
Everitt, B. S., & Howell, D. C. (2005). Penelitian kualitatif Penelitian kualitatif. In Bandung: PT. Remaja Rosda Karya (Issue c). http://www.academia.edu/download/54257684/Tabrani._ZA_2014-Dasar-dasar_Metodologi_Penelitian_Kualitatif.pdf
Hayatie, M., Atikah, C., & Fadulloh. (2021). Penggunaan Game Edukasi Pada Pembelajaran Aktif Untuk Menstimulasi Kecakapan Hidup Anak Usia Dini 5-6 Tahun Di Tk Islam Al-Muhtadiin Kota Tangerang. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(2), 264–279. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm/article/download/13132/8094
Imtiyaaz, N. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GAME BASED LAERNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SIKLUS AIR KELAS V MIM PK BLIMBING GATAK TAHUN AHARAN 2022/2023 [Islam Ngeri Raden Mas Said Surakarta]. https://eprints.iain-surakarta.ac.id/6768/1/SKRIPSI_NADAA IMTIYAAZ_193141087_PGMI.pdf
Kholisin, A., & Subekti, M. Y. (2023). STRATEGI GURU PAI DALAM MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR DI SMAS DIPONEGORO TUMPANG KAB.MALANG. Pendidikan Agama Islam, 5(2), 109–124.
Latifa, R. M. (2024). Penggunaan Aplikasi Kahoot untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Proseding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Lampung 2024, 1–10. file:///C:/Users/Asus/Downloads/29.+Rizkita+Mirra+Latifa++270-279.pdf
Lestari, A. nur, Ernawati, Syauqillah, M., Farida, N. aini, & Makbul, M. (2024). MENINGKATKAN FOKUS BELAJAR PAI MENGGUNAKAN METODE GAME BASED LEARNING DI KELAS II SDN PALUMBONSARI III. Mahasiswa Pendidikan Agama Islam, 5(1), 11–18.
Maharani, Aminuyati, Wiyono, H., Buwono, S., & Karolina, V. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran Game-Based Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran IPS Kelas VII SMP Negeri 6 Pontianak. Journal on Education, 06(03), 16677–16684. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/5403
Mayanti, E. D., & Putra, A. K. (2023). Pengaruh Game Based Learning Dengan Gamification Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif dan keterampilan kolaboratif siswa (studi kasus mata pelajaran IPS di SMP N 2 MALANG). 3(9). https://doi.org/10.17977/um066.v3.i9.2023.3
Muluk, M. S., & Athaillah, I. (2023). Pengembangan Metode Pembelajaran Berbasis Permainan pada Mata Kuliah Agama Islam di AKN Putra Sang Fajar Blitar Menggunakan Model 4-D Thiagarajan. 4(2), 183–202.
Ndraha, H., & Harefa, A. R. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa di SMP Negeri 2 Gunungsitoli Utara. Journal on Education, 06(01), 5328–5339.
Nofitasari, Y., Murtini, S., & Rohmah, R. R. (2023). Meningkatkan Prestasi dan Motivasi Belajar Siswa dengan Pengajaran Berbasis Game-Based Learning pada Siswa Kelas X-2 SMA Negeri 13 Surabaya. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 6381–6386. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.7226
Pajriah, I. N. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GBL (GAME BASED LEARNING) DALAM MENINGKATKAN BERFIKIR KRITIS SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 03 BUKIT KEMUNING. In Penambahan Natrium Benzoat Dan Kalium Sorbat (Antiinversi) Dan Kecepatan Pengadukan Sebagai Upaya Penghambatan Reaksi Inversi Pada Nira Tebu.
Permana, N. S. (2022). GAME BASED LEARNING SEBAGAI SALAH SATU SOLUSI DAN INOVASI PEMBELAJARAN GENERASI DIGITAL NATIVE. Pendidikan Agama Katolik, 22(2), 313–321.
Prasetya, D., Learning, D. G., Anak, U., Dini, U., Prasetya, D. D., & Malang, U. N. (2014). Digital Game-Based Learning Untuk Anak Usia Dini Didik Dwi Prasetya, Wahyu Sakti G.I, Syaad Patmanthara. 45–50. https://core.ac.uk/download/pdf/292562089.pdf
Rosyidin, A. A. Z., Johan, R. C., & Mulyadi, D. (2022). Inovasi Pembelajaran Sebagai Upaya Mneyelesaikan Problematika Pendidikan Indonesia. JURNAL UPI, 1(19), 44–53.
Sappile, B. I., Mahmudah, L., Gugat, R. M. D., Farlina, B. F., Shofi, A., Mubarok, & Mardikawati, B. (2024). Dampak penggunaan pembelajaran berbasis game terhadap motivasi dan prestasi belajar. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(1), 714–727.
Septiani, T. B. (2025). RELEVANSI METODE GAME BASED LEARNING. 07(01), 175–185.
Wahyuning, S. (2022). Pembelajaran Ipa Interaktif Dengan Game Based Learning. Jurnal Sains Edukatika Indonesia (JSEI), 4(2), 1.
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., & Shofiah, T. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. 05(02), 3928–3936.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format), and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).