PERANCANGAN STRATEGI KEUANGAN UNTUK OPTIMALISASI MANAJEMEN KEUANGAN DI AKPER BUNTET PESANTREN CIREBON
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk merancang strategi keuangan yang dapat mengoptimalkan manajemen keuangan di AKPER Buntet Pesantren Cirebon. Fokus penelitian mencakup identifikasi kelemahan dalam perencanaan, pengelolaan, evaluasi, dan pelaporan keuangan, serta pengembangan solusi strategis yang relevan dengan kebutuhan institusi. Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif, dengan data yang diperoleh melalui wawancara, studi dokumen, dan observasi langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen keuangan di AKPER Buntet Pesantren masih menghadapi tantangan seperti tidak adanya anggaran berbasis kinerja, sistem pelaporan manual, dan kurangnya transparansi. Untuk mengatasi hal ini, strategi yang dirancang mencakup penerapan anggaran berbasis kinerja, digitalisasi sistem keuangan, peningkatan transparansi melalui laporan terbuka dan audit rutin, serta diversifikasi sumber pendanaan melalui hibah, donasi, dan unit bisnis pendukung. Implementasi strategi ini dapat meningkatkan efisiensi alokasi anggaran, memperkuat akuntabilitas, dan mendukung keberlanjutan operasional institusi. Dengan langkah-langkah ini, AKPER Buntet Pesantren dapat mengoptimalkan pengelolaan keuangannya dan meningkatkan daya saingnya di dunia pendidikan keperawatan.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Aslindah, Andi, and Widyatmike Gede Mulawarman. “Membangun Masa Depan Melalui Manajemen Keuangan Pendidikan Yang Efektif.” Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan (JIMPIAN) 2, no. 2 (2022). https://doi.org/10.30872/jimpian.v2i2.2606.
Fatonah, Kuni. “Urgensi Manajemen Keuangan Pada Pendidikan.” J-Mpi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1, no. 1 (2021).
Imron, S, Ibdalsyah, and Q Ayuniyah. “Manajemen Keuangan Masjid Al-Hilal Surabaya Dalam Perspektif Maslahah Mursalah.” Al-Infaq: Jurnal Ekonomi Islam 13, no. 2 (2022).
Komariah, Nur. “Konsep Manajemen Keuangan Pendidikan.” Al-Afkar : Manajemen Pendidikan Islam 6, no. 1 (2018). https://doi.org/10.32520/afkar.v6i1.19.
Kosasi, Sandy, Shofiyul Millah, and Nuke Puji Lestari Santoso. “Manajemen Dalam Konsep Dan Prinsip Pengelolaan Pendidikan Menggunakan Komputasi Awan.” Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan Dan Teknologi Informasi 1, no. 1 (2022). https://doi.org/10.34306/mentari.v1i1.137.
Najihah, Iffatun, and Suaib H. Muhammad. “Konsep Manajemen Keuangan Dalam Lembaga Pendidikan Islam Perspektif Al Qur’an Dan Hadis.” Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan 5, no. 2 (2021). https://doi.org/10.24252/idaarah.v5i2.21616.
Samsuri, Suriadi. “Relasi Manajemen Keuangan Dan Kualitas Lembaga Pendidikan Islam.” Amorti: Jurnal Studi Islam Interdisipliner, 2022. https://doi.org/10.59944/amorti.v1i2.17.
Sari, and Riantini. “Pengaruh Pengelolaan Keuangan Sekolah Terhadap Kinerja Akademis Siswa.” Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 24, no. 4 (2018).
Widodo, Trisno, Ilham Muhammad, Rani Darmayanti, Nursaid Nursaid, and Diella Aprilani Luthfia Amany. “Manajemen Keuangan Pendidikan Berbasis Digital: Sebuah Kajian Pustaka.” Indonesian Journal of Educational Management and Leadership 1, no. 2 (2023). https://doi.org/10.51214/ijemal.v1i2.548.
Pemberitahuan Hak Cipta
1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi (menyalin dan mendistribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun), dan menyesuaikan (mencampur, mengubah, dan membangun di atas bahan) karya untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
2. Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi dalam jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat Pengaruh Akses Terbuka).