KONSEP BELAJAR TANPA BERMAIN DAN PENERAPANNYA DI LEMBAGA KUTTAB AL-FATIH DALAM PERPEKTIF PSOKOLOGI BELAJAR KONTEMPORER (STUDI ANALISIS KRITIS)
Learning, Playing, Contemporary Psychology, Kuttab Al-Fatih.
Abstract
Belajar sambil bermain merupakan salah satu solusi untuk mengurangi ketegangan dan kejenuhan siswa ditengah proses pembelajaran. Namun, di Kuttab Al-fatih dalam proses pembelajaran terdapat adab-adab yang harus dikedapankan, sehingga antara belajar dan bermain tidak dapat dilakukan dalam waktu yang bersamaan. Tujuan penelian ini adalah (1) Mengidentifikasi Konsep Belajar Tanpa Bermain di Lembaga Kuttab Al-Fatih, (2) Menganalisis Dampak Penerapan Konsep Belajar Tanpa Bermain terhadap Prestasi dan Perkembangan Siswa, dan (3) Mengevaluasi Penerapan Konsep Belajar Tanpa Bermain dalam Perspektif Psikologi Belajar Kontemporer. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi analisis kritis. Teknik pengumpulan data yang diaplikasikan adalah observasi partisipatif pasif, wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Penelitian ini menemukan bahwa (1) Pendekatan ini unik karena meskipun secara eksplisit memisahkan elemen bermain dari proses pembelajaran tradisional, Kuttab Al-Fatih mengintegrasikan aspek-aspek pembelajaran yang kaya akan nilai-nilai moral dan agama melalui metode halaqah dan cerita dari Al-Qur'an. (2) Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan ini efektif dalam meningkatkan prestasi akademik siswa, seperti kemampuan membaca Al-Qur'an dan memahami mata pelajaran umum. Selain itu, perilaku positif seperti kedisiplinan dan kemandirian dalam aktivitas sehari-hari juga terbentuk dengan baik. (3) Dengan menggabungkan prinsip-prinsip dari teori sosiokultural Vygotsky, konstruktivis Bruner, dan kecerdasan majemuk Gardner, pendekatan ini tidak hanya memfasilitasi transfer pengetahuan tetapi juga mendukung pembentukan karakter yang kuat dan adaptif. Kesimpulan ini menegaskan bahwa, meskipun tidak ada unsur bermain tradisional yang ditekankan, kebutuhan perkembangan anak tetap terpenuhi melalui kegiatan yang dirancang untuk mendukung pembelajaran interaktif dan perkembangan emosional yang stabil. Penelitian ini memberikan wawasan penting tentang bagaimana pendekatan holistik yang menggabungkan nilai-nilai agama dan moral dapat diterapkan dalam pendidikan dasar untuk mendukung perkembangan akademik dan karakter siswa secara optimal.
Downloads
References
Wiyani, M. I. and N. A. (2015). Psikologi Pendidikan: Teori dan Aplikasi dalam Pembelajaran. Ar-Ruzz Media.
Mulyasa, E. (2020). Managemen Pendidikan Karakter. Bumi Aksara.
Indarwati, & Suttrisno. (2023). Pendidikan Anak Usia Dini (Issue November). Kurnia Pustaka.
Prasetya, A. E. (2021). Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif Inovatif dan Menyenangkan. GUEPEDIA.
Arikunto, S. (2021). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.
Fauzan, R. & Purwanto, A. (2019). Efektivitas Ice Breaking dalam Pembelajaran di Kelas. Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 45-60.
Pananrangi, A. R. (2017). Managemen Pendidikan. Media Perkasa.
Kholis, M. et al. (2023). Zahrawain: Strategi Program Hafalan Al-Qur’an Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1776–1786.
Setiyaningsih, D., & Nurmalia, L. (2021). Pendidikan Karakter Sekolah Dasar Literatur Calon Pendidik (: Lutfiana Al Kholifatunnisa (ed.); 1st ed.). SIP Publishing
Khusniyah, T. W. K. et al. (2023). Keterlibatan Orang Tua Dan Kerjasama Sekolah Dalam Pendidikan Siswa Sekolah Dasar: Studi Kepustakaan. Progres Pendidikan, 4(3), 193–199.
Lailaturrahmawati, L. et al. (2023). Implementasi Pembiasaan Shalat Berjama’ah Dalam Membentuk Karakter Kedisiplinan Siswa. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 89–96.
Yusri, N. et al. (2023). Peran Penting Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Pribadi yang Islami. Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 12.
Mustika, S. (2020). Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligence) (p. 20). Universitas Negeri Yogyakarta.
Putry Agung, Y. D. A. (2018). Pengembangan Model Pendidikan Karakter Peduli Sosial Melalui Metode Bermai Peran di TK Tunas Mekar Indonesia Bandar Lampung Putry Agung STKIP Al Islam Tunas Bangsa , Bandar Lampung Yulistyas Dwi Asmira STKIP Al Islam Tunas Bangsa. Jurnal Caksana-Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 139–158
Desi Sukma Puspita Sari. (2022). Melatih Regulasi Emosi Pada Anak Pra Sekolah Dengan Bermain: Literature Review. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan (JURDIKBUD), 2(1), 14–20.
Diningsih, R., Haryanto, E., & Sulistiyo, U. (2021). Penggunaan whatsapp sebagai media pembelajaran online pada saat pandemi coronavirus di kelas v sdn 169/x pandan makmur. Jurnal Pendidikan Tematik Dikdas, 6(1), 14–23.
Etnawati, S. (2022). Implementasi Teori Vygotsky Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, 22(2), 130–138.
Ifendi, M. (2021). Kuttab dalam lintasan sejarah : dari masa pembinaan hingga kejayaan pendidikan islam (570 m-1258 m). At-ta’dib: jurnal ilmiah prodi pendidikan agama islam, 27.
Khoiriyah, N., & Anshori, I. (2021). Implementasi pendidikan adab di kuttab al fatih sidoarjo. Dalam El Wasathiya (Vol. 9, Nomor 1).
Kusmaryono, I., & Wijayanti, D. (2020). Tinjauan Sistematis: Strategis Scaffolding Pada Pembelajaran Matematika. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 10(1), 102–117.
Langemeyer, I. (2023). Beyond the concept of “Gestalten” – Kurt Lewin and Lev Semënovic Vygotsky as methodologically related. Gestalt Theory, 45(3), 287–300.
Rosarian, A. W., & Dirgantoro, K. P. S. (2020). Upaya Guru Dalam Membangun Interaksi Siswa Melalui Metode Belajar Sambil Bermain [Teacher’s Efforts In Building Student Interaction Using A Game Based Learning Method]. Johme: Journal of Holistic Mathematics Education, 3(2), 146.
Santoso, T. R., Saefy, U. M., Hasani, S., Ardiati, S. S., & Rahayu, R. (2023). Kinesthetic Intelligence pada Anak Usia Dini : Permasalahan dan Solusinya. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 2547–2556.
Saugi, W. (2020). Implementation of Curriculum Kuttab Al-Fatih on Children at an Early Age. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 70.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D: Vol. 444 hal; 24 cm (Sutopo, Ed.; Ed.2. Cet.3). Alfabeta.
Thalib, M. A. (2022). PELATIHAN ANALISIS DATA MODEL MILES DAN HUBERMAN UNTUK RISET AKUNTANSI BUDAYA. Madani: Jurnal Pengabdian Ilmiah, 5(1), 23–33.
Zosh, J. N. ., Hopkins, Emily., Jensen, Hanne., Liu, Claire., Neale, Dave., Hirsh-Pasek, Kathy., Solis, Lynneth., & Whitebread, David. (2017). Learning through play : a review of the evidence. LEGO Foundation.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format), and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).