ANALISIS BIBLIOMETRIK PENGGUNAAN TIK DALAM PAI

  • Gilbrania Affa UIN Sunan Ampel Surabaya
Kata Kunci: TIK, PAI, Analisis Bibliometrik

Abstrak

Perkembangan pesat teknologi infomasi dan komunikasi (TIK) terjadi di segala bidang tidak terkecuali Pendidikan Agama Islam (PAI). Proses pembelajaran PAI harus terus menyesuaikan dengan perkembangan TIK agar pembelajaran tetap relevan dan efektif. Penelitian ini disusun untuk (1) mengetahui literatur mana yang memiliki jumlah kutipan tertinggi; dan (2) mengetahui tren penggunaan TIK dalam PAI. Metode yang digunakan adalah analisis bibliometrik dengan aplikasi VOSViewer. Data penelitian dihimpun dari publikasi penelitian ilmiah melalui database Google Scholar dengan pencarian pada aplikasi Harzing's Publish or Perish (PoP) pada kurun waktu tahun 2019-2024. Pencarian kata-kata kunci pada judul dan abstrak penelitian menghasilkan 134 literatur relevan yang dipublikasikan. Hasil menunjukkan bahwa penelitian dengan tema penggunaan TIK dalam PAI paling banyak diteliti pada tahun 2022. R Rubiantica adalah penulis dengan kutipan tertinggi sebanyak 259 dengan judul penelitian Media Pembelajaran Interaktif Lectora Inspire Sebagai Inovasi Pembelajaran yang dipublikasikan tahun 2021. Topik yang jarang dibahas selain dari kata kunci ialah terkait manfaat, guru PAI, dan sekolah dasar. Keterbatasan penelitian ini hanya mengambil database pada publikasi yang ada di Google Scholar dalam kurun waktu 2019-2024 dan hasil pencarian pada PoP dibatasi sebanyak 200 literatur. Basis data nasional dan internasional lainnya tidak diperhitungkan dalam penelitian ini.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Aida, Nor. “Analisis Bibliometrik Penggunaan Model Game Based Learning ( GBL ) Pada Pembelajaran PAI Tahun 2022-2024 Menggunakan VOSViewer Bibliometric Analysis of the Use of Game Based Learning ( GBL ) Models in PAI Learning in 2022-2024 Using VOSViewer.” JICN: Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, , no. 3 (2024): 3014–24.
Ajinegara, Muhamad Wulidasauma, and Joko Soebagyo. “Analisis Bibliometrik Tren Penelitian Media Pembelajaran Google Classroom Menggunakan Aplikasi VOSViewer.” JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), Vol. 6, no. 1 (2022): 193. https://doi.org/10.33603/jnpm.v6i1.5451.
Anwar, S. “EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI PADA ERA KRISIS.” Manajer Pendidik. J. Ilm. Manaj. Pendidik. Program Pascasarja, Vol. 16, no. 1 (2022): 4–13. https://doi.org/10.33369/mapen.v16i1.21152.
Aprilia, Mentari Putri, Asep Bayu, and Dani Nandiyanto. “Analisis Bibliometrik Penelitian Pengaruh Edible Coating Nanopartikel Kitosan Terhadap Masa Simpan Buah Tomat Menggunakan Vosviewer Bibliometric Analysis of the Effect Edible Coating Chitosan Nanoparticles on the Storage of Tomato Fruit Using Vosviewer.” Jurnal Fraction, Vol. 2, no. 2 (2022): 38–45.
Darise, G. N. “Virtualisasi Pembelajaran Akidah Akhlak Di MI/SD Pada Era New Normal : Antara Harapan Dan Kenyataan.” Indonesian Journal of Islamic Elementary Education, Vol. 11, no. 2 (2021): 19–34. https://doi.org/10.28918/ijiee.v1i2.4230.
Deviananda, Agnes Monika, and Mawardi. “Efektivitas Media Pembelajaran Daring Menggunakan Google Meet Dan Zoom Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, Vol. 5, no. 2 (2022): 271–79. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i2.49925.
Fanny, Arif Mahya. “Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Pendidikan Dasar: Tinjauan Kritis Dan Implikasinya.” Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, Vol. 20, no. 1 (2020). https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i1.4464.
Hamzah, Arief Rifkiawan. “Perubahan Progresif Dalam Pembelajaran Pai Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi.” At-Tajdid : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, Vol. 2, no. 02 (2019): 145–57. https://doi.org/10.24127/att.v2i02.865.
Hernawan, Jihan Nurafifah, Asep Bayu, and Dani Nandiyanto. “Bibliometric Analysis of Publications on Essential Oil-Loaded Nanoparticles as Antibacteria Using VOSViewer.” Urecol Journal. Part G: Multidisciplinary Research, Vol. 2, no. 2 (2022): 108. https://doi.org/10.53017/ujmr.208.
Latuconsina, Adam, Ridhwan Latuapo, Muhajir Abd. Rahman, Rustina N., and La Rajab. “Systematic Review Exploring Trends in Islamic Education Research: A Bibliometric Analysis.” Migration Letters, Vol. 20, no. 7 (2023): 1249–67. https://migrationletters.com/index.php/ml/article/view/4897.
Mamun, Md Abdullah Al, Md Abul Kalam Azad, Md Abdullah Al Mamun, and Michael Boyle. “Review of Flipped Learning in Engineering Education: Scientific Mapping and Research Horizon.” Education and Information Technologies, Vol. 27, no. 1 (2022): 1261–86. https://doi.org/10.1007/s10639-021-10630-z.
Muhammad, Ilham; Triansyah, Fadli Agus. Panduan Lengkap Analisis Bibliometrik Dengan VOSviewer: Memahami Perkembangan Dan Tren Penelitian Di Era Digital. Indramayu: Penerbit Adab, 2023. https://www.google.co.id/books/edition/Panduan_Lengkap_Analisis_Bibliometrik_de/tZLQEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=0.
Nafi’ah, J. “Adaptasi Pembelajaran E-Learning Dan Blended Learning Di Era New Normal Pada Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah.” Auladuna Jurnal Prodi Pendidik Guru Madrasah Ibtidaiyah, Vol. 3, no. 1 (2021): 23–36. https://doi.org/10.36835/au.v3i1.476.
Nuryana, Zalik. “PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.” Tamaddun: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Keagamaan, Vol. 19, no. 1 (2019): 75–86. https://doi.org/10.30587/tamaddun.v0i0.818.
Öztürk, Oğuzhan, Rıdvan Kocaman, and Dominik K. Kanbach. “How to Design Bibliometric Research: An Overview and a Framework Proposal.” Review of Managerial Science, , no. 0123456789 (2024). https://doi.org/10.1007/s11846-024-00738-0.
Pebrina, Rizki, Rahayu Eka Putri, Adam Mudinillah, Adripen Adripen, Eliwatis Eliwatis, Gustina Gustina, and T. Idris. Bibliometric Analysis: The Role of AI In PAI Learning Activity In The Modern Education Era. Atlantis Press SARL, 2023. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-142-5_45.
Prawiyogi, Anggy Giri, Andri Purwanugraha, Ghulam Fakhry, and Marwan Firmansyah. “Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Pembelajaran Siswa Di Sdit Cendekia Purwakarta.” Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 11, no. 1 (2020): 94–101. https://doi.org/10.21009/jpd.v11i1.15347.
Rubiantica, Risca, Moh Sutomo, and A Andi Suhardi. “MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF LECTORAINSPIRESEBAGAI INOVASI PEMBELAJARAN.” PESAT: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Agama, Vol. 7, no. 3 (2021): 97–104. https://ejournal.paradigma.web.id/index.php/pesat/article/view/66/66.
Saufi, Ahmad. “ANALISIS BIBLIOMETRIK PERKEMBANGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS METAVERSE MENGGUNAKAN VOSVIEWER.” JUKIM: Jurnal Ilmiah Mutakalimin, Vol. 3, no. 3 (2024): 95–102.
Sidabutar, Dahlia, Sintya Setia Ningrum, and Asep Nuryadin. “Analisis Bibliometrik Media Pembelajaran Di Sekolah Dasar Menggunakan VOSViewer.” Educatio: Jurnal Ilmu Kependidikan, Vol. 17, no. 2 (2022): 165–77. https://core.ac.uk/reader/555323250.
Sriwidodo, Joko. “Erkembangan Regulasi Dan Urgensi E-Litigasi Di Era Pandemi Corona Virus Disease -19.” Kertha Patrika, Vol. 43, no. 2 (2021): 197–209. https://doi.org/10.24843/KP.2021.v43.i02.p06.
Valenda, Rani, and Herdin Muhtarom. “Perspektif Generasi Milenial Terhadap Efektivitas Pembelajaran Sejarah Di Era Pandemi Covid-19 Millennial Generation ’ s Perspective on the Effectiveness of History Learning in the Era of the Covid-19 Pandemic.” Chronologia, Vol. 3, no. 3 (2022): 151–61. https://doi.org/10.22236/jhe.v3i3.6467.
Diterbitkan
2024-12-09
##submission.howToCite##