LINGKUNGAN PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN
Educational, environment, Al-Qur'an
Abstract
Lingkungan pendidikan tidak dijelaskan secara eksplisit dalam Al-Qur'an, namun ada beberapa tanda yang menunjukkan adanya lingkungan pendidikan Keluarga merupakan lingkungan pendidikan pertama dimana anak memperoleh pendidikan. Pada titik inilah di dalam keluarga diletakkan fondasi kepribadian seorang anak. Sekolah sebagai lingkungan kedua yang mengembangkan potensi lingkungan hidup yang dimiliki oleh anak. Sekolah merupakan lingkungan tempat siswa menyerap nilai-nilai akademik termasuk bersosialisasi dengan guru dan teman sekolah. Masyarakat merupakan lembaga pendidikan setelah keluarga dan sekolah. Nuansa berbagai pendidikan yang diterima peserta didik di masyarakat, meliputi seluruh bidang baik pembentukan kebiasaan, pembentukan pengetahuan, sikap, minat, serta pembentukan moralitas dan agama. Lingkungan alam juga dijadikan sebagai sumber belajar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kulitatif dengan pendekatan library research dengan sumber data primer yaitu jurnal, artikel, dan buku-buku yang berkaitan dengan pembahasan lingkungan pendidikan Islam. Hasilnya menunjukkan banyak sekali ayat di dalam al-Qur’an yang menjelaskan tentang lingkungan pendidikan dan mengklasifikasikannya menjadi tiga yaitu: lignkungan pendidikan keluarga, lingkungan pendidikan madrasah, dan lingkungan pendidikan masyarakat. Lingkungan pendidikan ini saling berkorelasi secara kuat untuk dapat menumbuhkan karakter manusia sesuai keislaman.
Kata kunci: Lingkungan, Pendidikan, al-Qur’an
Downloads
References
Bt Abdul Rahman, Waheeda, ‘Lingkungan Pendidikan Islam Dalam Perspektif Al Qur’an’, Alashriyyah, 6.01 (2020), 1–21
Damanik, Muhammad Zein, Dimas Nugroho, Manda Alief MAwaddah, and Rudi Herdi Nurmawan, ‘Lingkungan Pendidikan Perspektif Hadis’, Al-Wahyu, 1.2 (2023)
Dradjat, Zakiah, Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta: Bumi Aksara, 2012)
Drajat, Zakiah, Ilmu Pendidikan Islam, 14th edn (Jakarta: Bumi Aksara, 2019)
Hasbullah, Hasbullah, ‘Lingkungan Pendidikan Dalam Al-Qur’an Dan Hadis’, Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4.01 (2018), 13
Helmiannoor, ‘Urgensi Menciptakan Lingkungan Pendidikan Islam Dalam Perspektif Ekologi, Psikologi, Dan Sosiologi’, Jurnal Ilmiah Keagamaan, Pendidikan Dan Kemasyarakatan, 9.2 (2018), 194–205
Hidayah, Susilo, Jihan Laurenza Alwi, and Khalishah Dyah Capriatin, ‘PENDIDIKAN AKHLAK PERSPEKTIF AL-QUR’AN DALAM TAFSIR IBNU KATSIR DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMIKIRAN IBNU MISKAWAIH’, Tarbiyatuna, 17.1 (2024), 1–23
Husaini, Husaini, ‘Kajian Ayat-Ayat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format), and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).