TEKNIK PENILAIAN FORMATIF ASPEK KOGNITIF MATA PELAJARAN PAI KURIKULUM MERDEKA
Abstrak
Penelitian ini dilakukan guna meningkatkan pemahaman sekaligus keterampilan peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Pada dasarnya, praktik asesmen formatif berguna untuk mencapai keberhasilan dalam pengajaran materi PAI dalam kurikulum merdeka. Pada penyajian datanya, penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif jenis library research yakni melalui berbagai sumber yang berhubungan dengan topik penelitian. Adapun tujuan penelitian ini berfungsi untuk mengukur dan mengetahui tingkat pemahaman peserta didik melalui upaya penilaian formatif pada hasil belajar aspek kognitif. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini menunjukkan bahwa pengimplementasian asesmen kognitif pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam bisa dilakukan dengan menggunakan model asesmen portofolio, Penilaian lisan, tertulis, maupun asesmen proyek.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Ananda, Wiga, and Maemonah Maemonah. “Implementasi Asesmen Kognitif Berbasis HOTS Materi PAI Dengan Pembelajaran Berbasis Proyek Di Sekolah Menengah Pertama.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 4, no. 5 (2022): 6564–75. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i5.3179.
Arikunto, and Suharsimi. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 1996.
Azizah, Nurul, Zuhrotul Mufidah, and Rosendah Dwi Maulaya. “Pengembangan Asessmen Pembelajaran PAI Pada Kurikulum Merdeka Belajar.” Seminar Nasional Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan2023, 2023, 11–24.
Daryanto. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2014.
Slameto. BELAJAR & FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI. Cet 6. jakarta: PT RINEKA CIPTA, 2020.
Idawati, Idawati. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Di Kelas XI. IPA. I SMAN 2 Lengayang.” Journal on Education 5, no. 2 (2023): 3773–78. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1058.
Ihsan, Miftahul, and Maemonah. “Penilaian Formatif Dalam Kurikulum Merdeka Pada Pemebelajaran Pendidikan Agama Islam Di Kelas IV SDN Sekumpul 1 Martapura.” Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam 13 (2) (2023): 79–90. https://doi.org/10.18592/jtipai.v13i2.9872.
Kaufeldt, Martha. Wahai Para Guru, Ubahlah Cara Mengajarmu. Diterjemahkan oleh Hendarto Raharjo. Indeks, 2008.
Laila M.K, Putri Zalika. “Peran Penilaian Formatif Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa, Sebuah Tinjauan Pustaka.” Syifa’ MEDIKA: Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan 5, no. 1 (2014): 56. https://doi.org/10.32502/sm.v5i1.1424.
M. Ilyas Ismail. “Pengaruh Intensitas Penilaian Formatif Terhadap Hasil Belajar IPA Dengan Mengontrol Pengetahuan Awal Siswa.” Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, t.t.
Mardapi, and Djamari. Pengukuran Penilaian Dan Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Nuha Medica, 2012.
R. Nurhayati, Sudirman P, Sartina, Agus Suwito, Diarti Andra Ningsih, Hasratul Janna, and Fajar Rahmat. “Kendala-Kendala Yang Dihadapi Guru PAI Dalam Menerapkan Self-Assessment Di Madrasah Allyah Negri 4 Bone.” Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai 2 (2023): 32–38. https://doi.org/10.47435/sentikjar.v2i0.1837.
Sagita Mawaddah, Fitri, and Fakultas Keguruan dan. “Assesmen Dalam Kurikulum Merdeka Belajar.” Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia 3, no. 1 (2023): 8–13.
Suhartono, Suhartono, and Rosi Patma. “Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Fiqih Materi Pembelajaran Haji Dan Umrah Melalui Penerapan Metode Advokasi.” Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam 5, no. 1 (2018): 10–19. https://doi.org/10.30599/jpia.v5i1.309.
Taufik Abdullah Attamimi, Rizki Fauzia Ahmad, Rizky Al Fajar. “Teknik Pengolahan Dan Penilaian Hasil Belajar Aspek Kognitif Dalam Evaluasi Pembelajaran: Studi Analisis Pembelajaran Daring.” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 7, no. 1 (2023): 139. https://doi.org/10.35931/am.v7i1.1480.
Ulfah, Ulfah, and Opan Arifudin. “Pengaruh Aspek Kognitif, Afektif, Dan Psikomotor Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik.” Jurnal Al-Amar (JAA) 2, no. 1 (2021): 6. http://ojs-steialamar.org/index.php/JAA/article/view/88.
UNDANG-UNDANG DASAR NEGARA REPUNLIK INDONESIA 1945
Uzza, Hamzah Usaid, and Dwi Setia Kurniawan. “Studi Komparasi Kurikulum 2013 Dan Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Di Madrasah.” JIT: Jurnal Ilmu Tarbiyah 2, no. 1 (2023): 91–108.
Wisman, Yossita. “Teori Belajar Kognitif Dan Implementasi Dalam Proses Pembelajaran.” Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang 11, no. 1 (2020): 209–15. https://doi.org/10.37304/jikt.v11i1.88.
Pemberitahuan Hak Cipta
1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi (menyalin dan mendistribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun), dan menyesuaikan (mencampur, mengubah, dan membangun di atas bahan) karya untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
2. Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi dalam jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat Pengaruh Akses Terbuka).