ANALISIS GAMBAR STIMULUS PADA PERMULAAN BAB BUKU AJAR PAI KELAS VIII PRESPEKTIF VISUAL DAN PENDIDIKAN
Abstrak
Analisis gambar stimulus pada permulaan Bab buku ajar Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas 8 menyoroti peran penting visual dalam konteks pembelajaran agama. Penelitian ini mengadopsi perspektif kualitatif dengan fokus pada analisis konten, semiotik, dan visual untuk memahami bagaimana gambar-gambar tersebut mempengaruhi persepsi siswa dan memfasilitasi pembelajaran yang mendalam. Melalui pendekatan ini, kami mengungkapkan beragam pesan, tema, dan nilai yang tersirat dalam gambar-gambar tersebut, serta bagaimana elemen-elemen visual seperti komposisi, warna, dan simbolisme digunakan untuk menyampaikan konsep-konsep agama Islam. Hasil penelitian ini memberikan wawasan yang berharga tentang potensi gambar stimulus sebagai alat yang efektif dalam memperkaya pengalaman pembelajaran siswa dalam mata pelajaran agama, serta menyoroti pentingnya integrasi aspek visual dalam proses pendidikan agama. Implikasi praktis dari temuan ini dapat memperkaya desain pembelajaran PAI yang lebih responsif terhadap kebutuhan dan preferensi siswa dalam konteks visual.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Asy-Syahrastani, M. (2006). Al-Milal wa An-Nihal (Buku 1-3).
Aswan, Rifki. “Tinjauan Elemen Visual pada buku ilustrasi #88 Love Live.” NARADA: Jurnal Desain & Seni 06, no. 01 (2019): 187–214.
Ch, Mufidah. “Strategi Implementasi Pengarusutamaan Gender Bidang Pendidikan Islam.” Al-Tahrir: Jurnal Pemikiran Islam 11, no. 2 (1 November 2011): 391. https://doi.org/10.21154/al-tahrir.v11i2.41.
Farida, Neng Awalia. dkk. “Penerapan Media Gambar dalam Pembelajaran PAI Pada Anak Usia Dini”, Jurnal El-Audi, Vol. 3, No. 1, 2022: 12-16.
Galingging, Rumbel. “Analisis Desain Cover Buku Anak Ayo Sekolah Lukisan Aini.” Magenta | Official Journal STMK Trisakti 4, no. 01 (29 Januari 2020): 583–93. https://doi.org/10.61344/magenta.v4i01.71.
Glaw, Xanthe, Kerry Inder, Ashley Kable, dan Michael Hazelton. “Visual Methodologies in Qualitative Research: Autophotography and Photo Elicitation Applied to Mental Health Research.” International Journal of Qualitative Methods 16, no. 1 (Desember 2017): 160940691774821. https://doi.org/10.1177/1609406917748215.
Hassan, M. (2015). The Qur'an and the Sunnah. Cambridge: Islamic Texts Society.
Hariyantoni, Masduki. “Penggunaan Media Gambar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Shalat Jenazah di Kelas IX J SMP Negeri 1 Kuningan Kabupaten Kuningan”, Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, pISSN: 2407-6805, Vol. 4, No 1, Juni 2019, 168.
Jampel, I Nyoman, dan Kadek Riza Puspita. “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Melalui Aktivitas Pembelajaran Mengamati Berbantuan Audiovisual.” International Journal of Elementary Education 1, no. 3 (8 September 2017): 197. https://doi.org/10.23887/ijee.v1i3.10156.
Khotimah, Husnul, Asep Supena, dan Nandang Hidayat. “Meningkatkan attensi belajar siswa kelas awal melalui media visual.” Jurnal Pendidikan Anak 8, no. 1 (21 Agustus 2019): 17–28. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i1.22657.
Magdalena, Ina, Amanda Khofifah, dan Fitri Auliyah. “BAHAN AJAR.” Sindoro: Cendikia Pendidikan 2, no. 6 (2024): 21–30.
Muchith, Saekan, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) Berbasis moderasi beragama¸ (Yogyakarta : PT. Nas Media Indonesia), 69-72.
Purbasari, Mita, dan R.A. Diah Resita I. K. Jakti. “Warna Dingin Si Pemberi Nyaman.” Humaniora 5, no. 1 (1 April 2014): 357. https://doi.org/10.21512/humaniora.v5i1.3034.
Saputra, Miswar. dkk., Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam, (Aceh : Yayasan Penerbit Muhammad Zaini, 2021), 27.
Suhardiana, I Putu Andre. “PERAN TEKNOLOGI DALAM MENDUKUNG PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH DASAR.” Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar 4, no. 1 (23 Juli 2019): 92. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.934.
Surani, Dewi. dkk., Konsep Dasar Media Pembelajaran, (Batam : Yayasan Cendikia Mulia Mandiri, 2022), 2.
Pemberitahuan Hak Cipta
1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi (menyalin dan mendistribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun), dan menyesuaikan (mencampur, mengubah, dan membangun di atas bahan) karya untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
2. Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi dalam jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat Pengaruh Akses Terbuka).