DESAIN PENGEMBANGAN KURIKULUM PAI TERPUSAT PADA MATA PELAJARAN
curriculum development design, Islamic Religious Education, subject-centered
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis desain pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam yang terpusat pada mata pelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif jenis metode yang digunakan yaitu studi kepustakaan (library research). Penelitian ini berisi rancangan desain pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam terpusat pada mata pelajaran. Salah satu desain yang paling populer dan paling banyak diminati. Pada penerapannya, desain pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam terpusat pada mata pelajaran sangatlah sederhana, mudah direncanakan, dilaksanakan, difahami, dan mudah pula untuk diadakan perubahan jika perlu. Desain ini juga disebut sebagai separated subject curriculum, karena kurikulum model ini tersusun atas sejumlah mata pelajaran dan diajarkan secara terpisah-pisah. Tujuan pembelajarannya yaitu untuk menguasai bahan dari tiap-tiap mata pelajaran yang ditentukan. Penekanannya lebih pada pengetahuan, keterampilan dan nilai-nilai masa lalu kemudian dipertahankan dan diwariskan pada generasi setelahnya. Desain ini sangatlah mudah dalam penyusunannya sehingga mudah dilakukan perubahan sewaktu-waktu untuk menyeimbangkan kemampuan peserta.
Downloads
References
Abdah, Muhamad Ghazali. “Ragam Pendektan Dalam Pengembangan Kurikulum PAI.” FONDATIA : Jurnal Pendidikan Dasar 3, no. 2013 (2019): 27–41.
Adibah, Nilna Farah, and Nur Kholifatul Hikmawati. “Anatomi Dan Desain Kurikulum.” Pendidikan Islam 6, no. 2 (2022): 187–95.
Ahmad. Pengembangan Kurikulum. Bandung: CV. Pustaka Setia, 2000.
Ansyar, Muhammad. Kurikulum: Hakikat, Pondasi Dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Group, 2015.
Aprilia, Wahyu. “Organisasi Dan Desain Pengembangan Kurikulum.” Islamika 2 (2020): 208–26.
Aulia, Muhammad Ghozil, Mohamad Agung, Jauharotun Nafiisah, Pendidikan Agama Islam, and Pendidikan Agama Islam. “Desain Pengembangan Kurikulum Dan Implementasinya Untuk Program Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran 3, no. 2 (2022): 224–46. https://doi.org/10.51454/jet.v3i2.184.
Baderiah. Pengembangan Kurikulum. Palopo: Penerbit Kampus IAIN PALOPO, 2018.
Daradjat, Zakiah. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
Hamdan. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Bnjarmasin: Aswaja Pressindo, 2014.
Humaedah. “Desain Pengembangan Kurikulum,” no. 23 (2021): 47–59.
Hutomo, Ghamal Sholeh, and Tasman Hamami. “Organisasi Dan Desain Pengembangan Kurikulum PAI” 13 (2020): 143–52.
Jauhari, Muhamad Tanthowi. “Desain Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dan Madrasah.” Islamika 2, no. 1 (2020): 328–41.
Khasanah, Ninik & Widodo. “Pengembangan Kurikulum Pendidikan.” Muaddib 09, no. 01 (2019): 64–76.
Mahrus. “Desain Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Pendahuluan Pembahasan” 7, no. 1 (2021): 81–100.
Muhammad. Dr. Muhammad, M.Pd., M.S. Bandung: Sanabil, 2019.
Mukhlasin, Ahmad. “Desain Pengembangan Kurikulum Integratif Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran.” Tawadhu 2, no. 1 (2018): 364–80.
Munir, Muchamad Agus. “DESAIN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM DI SMA (Membumikan Wacana Kurikulum Berbasis Tauhid Sosial) Muchamad Agus Munir ” 12, no. 1 (2018): 1–21.
Murdiyanto, Eko. Metode Penelitian Kualitatif, 2020.
Nurcholiq, Mochamad. “Desain Pengembangan Kurikulum Madrasah.” Piwulang I, no. 2 (2019): 208–22.
Nurlaeli, Acep. “Jurnal Wahana Karya Ilmiah_Pascasarjana (S2) PAI Unsika Vol. 4 No. 2 Juli-Desember 2020.” Wahana Karya Ilmiah 4, no. 2 (2020): 622–44.
Prasetyo, Arif Rahman, and Tasman Hamami. “PRINSIP-PRINSIP DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM” 8 (2020): 42–55.
Ramadhan, Osi, Hermawan Acep, and Mohammad Erihadiana. “Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam New Normal.” Intelektual 11, no. April (2021).
Sauri, Anang Sufyan, Hisbullah Huda, Histori Naskah, Desain Kurikulum Pendidikan, Era Globalisasi, and Desain Pembelajaran. “Teori Dan Desain Kurikulum Pendidikan Di SD SMP SMA Pada Era Globalisasi,” 2022, 92–100.
Sholikhah. “Desain Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam.” Kuttab 1, no. September (2018).
Taufik, Mardhiyah, and Endis Firdaus. “Saylor , Alexander and Lewis ’ s Curriculum Development Model for Islamic Education in Schools.” Jurnal Kajian Peradaban Islam 4, no. 2 (2021): 91–98.
Umam, Khoirul. “Islam Di Madrasah ( Studi Multi-Situs Di Kabupaten Jombang ).” Pendidikan Agama Islam 6, no. 1 (2018): 1–24.
Yudianto, Mohammad, Peri Ramadhani, and Rinda Fauzian. “Sistem Nilai Dan Relasinya Dengan Pendidikan Agama Islam.” Pendidikan Dan Pendidikan Agama Islam 4, no. 1 (2022): 16–33.
Zakariyah. “Analisis Model Kurikulum.” At Ta’dib 14, no. 1 (2022): 1–13.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format), and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).