PEMIKIRAN IBNU SINA (RELIGIUS-RASIONAL) TENTANG PENDIDIKAN DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM KONTEMPORER
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemikiran Ibnu Sina tentang pendidikan dan relevansinya dengan pendidikan Islam kontemporer. Konsep-konsep pendidikan Islam menurut tokoh-tokoh muslim, semestinya menjadi perhatian agar, pendidikan Islam mampu mendominasi pola pendidikan di Indonesia. Sehingga umat Islam mampu menghadapi perkembangan zaman, khususnya pada aspek pendidikan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (library research) guna memperoleh fakta yang sesuai dalam memperoleh landasan teori atau kerangka berpikir terhadap permasalahan yang diteliti. Sumber data dari penelitian ini ialah buku-buku maupun literatur lain berupa jurnal-jurnal atau artikel. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi (content analysis). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemikiran pendidikan Islam Ibnu Sina memiliki relevansi dengan pendidikan Islam kontemporer dan sangat masih bisa diimplementasikan pada zaman ini. Terkhusus yang berkaitan dengan pengembangan potensi fisik, intelektual, dan budi pekerti peserta didik dan menerapkan konsep pendidik ideal yang masih relevan untuk diterapkan di era ini.
Kata kunci: Pemikiran Pendidikan Ibnu Sina, Pendidikan Islam Kontemporer
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Arifin, Yanuar. Pemikiran-Pemikiran Emas Para Tokoh Pendidikan Islam. Edited by Iyan AR. Pertama. Yogyakarta: IRCiSoD, 2018.
Asyrofi, Syamsudin. Beberapa Pemikiran Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media Publishing, 2012.
Maragustam. Filsafat Pendidikan Islam Menuju Pembentukan Karakter. Yogyakarta: Pascasarjana Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2021.
Sa’diyah, Halimatus, Robitotul Islamiah, and Laksmi Evasufi Widi Fajari. “Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Metode Diskusi Kelompok : Literature Review.” Journal of Professional Elementary Education (JPEE) 1, no. 2 (2022).
Susianti, Cucu. “Efektivitas Metode Talaqqi Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Anak Usia Dini.” Tunas Siliwangi Halaman 2, no. 1 (2016): 1–19.
Suyudi, H.M. Filsafat Pendidikan Islam Kajian Filosofis Dan Pemikiran Pendidikan Islam. Edited by Mohammad Muslih. Pertama. Yogyakarta: Penerbit Belukar, 2014.
Syar’i, Ahmad. Filsafat Pendidikan Islam. Edited by Ali Sibram Malisi. Pustaka Firdaus. Pertama. Jakarta: Penerbit Pustaka Firdaus, 2005.
Pemberitahuan Hak Cipta
1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi (menyalin dan mendistribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun), dan menyesuaikan (mencampur, mengubah, dan membangun di atas bahan) karya untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
2. Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi dalam jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat Pengaruh Akses Terbuka).