Problematika Pembelajaran Menulis dengan Metode Imla’ pada Santri Bimbingan Masuk Gontor (Bimago)

المؤلفون

  • Khayyu Anggun Maharani UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Fatkhurrahman Fatkhurrahman Universitas Sains Al-Qur'an Wonosobo Jawa Tengah
  • Chairani Astina Universitas Sains Al-Quran Jawa Tengah di Wonosobo
  • Farah Faida Universitas Sains Al-Qur'an Jawa Tengah

DOI:

https://doi.org/10.32699/liar.v6i1.2809

الكلمات المفتاحية:

problematics، writing skill، imla' methode

الملخص

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis problematika dan solusinya pada pembelajaran menulis dengan metode imla’ di BIMAGO. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif studi kasus. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Proses analisis data melalui tiga tahap, yaitu pengumpulan data, reduksi data, dan verifikasi data dengan menggunakan analisis bingkai. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa terdapat 5 problematika yang terjadi di BIMAGO, yaitu 1) siswa belum bisa membedakan berbagai macam huruf hijaiyah, 2) kurangnya perbendaharaan kata siswa, 3) bahasa yang baru bagi siswa, 4) sulit memahami bahasa Arab, dan 5)  kurangnya waktu dalam pembelajaran imla’. Faktor penyebab problematika tersebut karena perbedaan latar belakang keluarga, kurangnya motivasi siswa, kurang kondusifnya waktu dan tempat pembelajaran, ketidakmampuan siswa dalam membaca al-qur’an, sebagian siswa masuk Bimago hanya untuk mengisi waktu luang karena pandemi dan keragaman dialek pengajar. Solusi yang dilakukan dari sisi pengajar adalah memberikan penugasan, memberikan materi makhorijul huruf, menumbuhkan motivasi, dan menyampaikan materi dengan bahasa yang lebih mudah dipahami oleh siswa. Solusi dari sisi lembaga, BIMAGO mengadakan kegiatan MABIT dan melaksanakan pre test dan post test bagi siswa.

المراجع

Abdullah, I. (2020) Standar Oprasional Prosedur (SOP) Bimbingan Masuk Gontor.
Akbar, F.M. (2021) Wawancara. Banjarnegara.
Binhadjid (2016) Sebanyak 1902 orang Calon Pelajar Lulus Ujian Masuk, www.gontor.ac.id.
Bungin, B. (2010) ‘Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya’, in. Kencana.
Ghani, A.A.A. (2020) ‘Panduan Lengkap Imla’ Menulis Arab Otodidak’, in Jakarta : Rene Turos Indonesia.
Hermanda, A.F. (2020) ‘Desain Kamus Saku Imla’untuk Pembelajaran Mahārah Kitābah’, Lisanan Arabiya, 4, pp. 31–56.
Inayati, U. (2011) Problematika Pembelajaran Maharah Al Kitabah di Kelas VIII C Mts Negeri Wonosari Yogyakarta Tahun Akademik 2010 / 2011. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Izzan, H.A. (2011) Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Humaniora Utama Press.
Kemendikbud (2016) Kamus Besar Bahasa Indonesia ; Subjek, kbbi.kemendikbud.go.id.
Kuraedah, S. (2015) ‘Aplpikasi Maharah Kitabah dalam Pembelajaran Bahasa Arab’, Jurnal Al Ta’dib, 8(2), pp. 82–98.
Lexy, J.M. (2002) ‘Metodologi penelitian kualitatif’, in Bandung: Remaja Rosdakarya.
Musthafa, I. and Hermawan, A. (2018) ‘Metodologi Penelitian Bahasa Arab (Konsep Dasar, Strategi, Metode, Teknik)’, in Bandung: PT Remaja Rosakarya.
Waseso, H.P. (2016) ‘Perencanaan Sistem Pembelajaran Berbasis Pencapaian Kompetensi’, in Yogyakarta : Diandra Pustaka Indonesia. Yogyakarta: Diandra Pustaka Indonesia.
Wawancara (2021) Hasil Penilaian Perhadap Lembar Peserta Didik. Banjarnegara.

منشور

2022-07-03

إصدار

القسم

Articles

كيفية الاقتباس

Problematika Pembelajaran Menulis dengan Metode Imla’ pada Santri Bimbingan Masuk Gontor (Bimago). (2022). Lisanan Arabiya: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 6(1), 119-132. https://doi.org/10.32699/liar.v6i1.2809

الأعمال الأكثر قراءة لنفس المؤلف/المؤلفين