Problematika Pembelajaran Menulis dengan Metode Imla’ pada Santri Bimbingan Masuk Gontor (Bimago)
DOI:
https://doi.org/10.32699/liar.v6i1.2809الكلمات المفتاحية:
problematics، writing skill، imla' methodeالملخص
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis problematika dan solusinya pada pembelajaran menulis dengan metode imla’ di BIMAGO. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif studi kasus. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Proses analisis data melalui tiga tahap, yaitu pengumpulan data, reduksi data, dan verifikasi data dengan menggunakan analisis bingkai. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa terdapat 5 problematika yang terjadi di BIMAGO, yaitu 1) siswa belum bisa membedakan berbagai macam huruf hijaiyah, 2) kurangnya perbendaharaan kata siswa, 3) bahasa yang baru bagi siswa, 4) sulit memahami bahasa Arab, dan 5) kurangnya waktu dalam pembelajaran imla’. Faktor penyebab problematika tersebut karena perbedaan latar belakang keluarga, kurangnya motivasi siswa, kurang kondusifnya waktu dan tempat pembelajaran, ketidakmampuan siswa dalam membaca al-qur’an, sebagian siswa masuk Bimago hanya untuk mengisi waktu luang karena pandemi dan keragaman dialek pengajar. Solusi yang dilakukan dari sisi pengajar adalah memberikan penugasan, memberikan materi makhorijul huruf, menumbuhkan motivasi, dan menyampaikan materi dengan bahasa yang lebih mudah dipahami oleh siswa. Solusi dari sisi lembaga, BIMAGO mengadakan kegiatan MABIT dan melaksanakan pre test dan post test bagi siswa.
المراجع
Akbar, F.M. (2021) Wawancara. Banjarnegara.
Binhadjid (2016) Sebanyak 1902 orang Calon Pelajar Lulus Ujian Masuk, www.gontor.ac.id.
Bungin, B. (2010) ‘Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya’, in. Kencana.
Ghani, A.A.A. (2020) ‘Panduan Lengkap Imla’ Menulis Arab Otodidak’, in Jakarta : Rene Turos Indonesia.
Hermanda, A.F. (2020) ‘Desain Kamus Saku Imla’untuk Pembelajaran Mahārah Kitābah’, Lisanan Arabiya, 4, pp. 31–56.
Inayati, U. (2011) Problematika Pembelajaran Maharah Al Kitabah di Kelas VIII C Mts Negeri Wonosari Yogyakarta Tahun Akademik 2010 / 2011. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Izzan, H.A. (2011) Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Humaniora Utama Press.
Kemendikbud (2016) Kamus Besar Bahasa Indonesia ; Subjek, kbbi.kemendikbud.go.id.
Kuraedah, S. (2015) ‘Aplpikasi Maharah Kitabah dalam Pembelajaran Bahasa Arab’, Jurnal Al Ta’dib, 8(2), pp. 82–98.
Lexy, J.M. (2002) ‘Metodologi penelitian kualitatif’, in Bandung: Remaja Rosdakarya.
Musthafa, I. and Hermawan, A. (2018) ‘Metodologi Penelitian Bahasa Arab (Konsep Dasar, Strategi, Metode, Teknik)’, in Bandung: PT Remaja Rosakarya.
Waseso, H.P. (2016) ‘Perencanaan Sistem Pembelajaran Berbasis Pencapaian Kompetensi’, in Yogyakarta : Diandra Pustaka Indonesia. Yogyakarta: Diandra Pustaka Indonesia.
Wawancara (2021) Hasil Penilaian Perhadap Lembar Peserta Didik. Banjarnegara.
التنزيلات
منشور
إصدار
القسم
الرخصة
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
a. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
b. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
c. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).









