Internalisasi Budaya Arab Melalui Pengenalan Ta’bir Arab Dalam Pembelajaran Maharah Al-Kalam
Abstrak
Maharah al-kalam merupakan kemampuan untuk mengungkapkan gagasan atau pikiran melalui bunyi-bunyian yang diartikulasikan dengan tujuan untuk menyampaikan pemahaman melalui komunikasi dua arah dengan menggunakan bahasa sebagai medianya. Dalam konteks pembelajaran bahasa Arab, maharah al-kalam merupakan salah satu keterampilan dasar yang harus dikuasai oleh siswa. Akan tetapi, sebagian besar siswa menghadapi kesulitan dalam berbicara bahasa Arab karena berbagai faktor, seperti rasa gugup saat berbicara, kurangnya penguasaan kosakata, keterbatasan latihan, pengaruh dialek lokal yang kuat, dan metode pengajaran yang monoton. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian pustaka, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan oleh penulis adalah dokumentasi dan studi pustaka. Dalam analisis data kualitatif, penulis menggunakan analisis isi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji dan mendeskripsikan bagaimana budaya Arab dapat diinternalisasikan melalui pengenalan ungkapan-ungkapan bahasa Arab (Ta’bir Arab) dalam pembelajaran bahasa Arab. Artikel ini juga akan memberikan contoh beberapa ungkapan yang dapat diperkenalkan kepada siswa dalam pengajaran maharah al-kalam.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Arifin, Z., Bakar, N. K. A., Ridzwan, Z., & Jamsari, E. A. (2021). Language learning strategies of non-Muslim students applied to Arabic language courses inside and outside the classroom. Ijaz Arabi Journal of Arabic Learning, 4 (1), 1-11.
Asmawi, M. N. (2009). TABÃŽR SHAFAWÃŽ: METODE DAN TEKNIK PENGAJARANNYA. HUNAFA: Jurnal Studia Islamika, 6(3), 319–328.
Darmalaksana, W. (2020). Metode penelitian kualitatif studi pustaka dan studi lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Darsana, I. N. (2017). Fungsi Bahasa Suatu Kajian Aksiologis. Skripsi: Program Studi Sastra Bali Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana.
Grozdanoski, B. (2019). Teaching arabic as a foreign language: The importance of cultural awareness. PUBLICACIONES, 49(5), 131–148.
Halidjah, S. (2012). Evaluasi keterampilan berbicara dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 2(1).
Himam, M. W., Rosiyana, S., Irawati, R. P., & Busri, H. (2017). Efektivitas Model Reflective Teaching Bagi Peningkatan Keterampilan Berbicara Dan Membaca Bahasa Arab Siswa Kelas VIII MTS Al Irsyad Gajah Demak. Lisanul Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching, 6(1), 29–37.
Isbah, F. (2023). Memahami Karakteristik Bahasa Arab untuk Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Bashrah, 3(01), 1–10.
Izzan Ahmad. (2015). Metodologi pembelajaran bahasa Arab. Humaniora.
Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022). Bahasa sebagai alat komunikasi dalam kehidupan manusia. Kampret Journal, 1(2), 1–10.
Mazlan, N. A., Zailani, S., Arifin, Z., Norwahi, N. A., & Bakar, K. A. (2021). The Influence of Arabic Lecturers Teaching Strategies on Student Understanding in Universiti Teknologi MARA. International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development, 10(3).
Muradi, A. (2013). Tujuan pembelajaran bahasa asing (Arab) di Indonesia. Jurnal Al-Maqayis, 1(1).
Nurbayan, Y. (n.d.). MUATAN BUDAYA DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB.
Nurbayan, Y., Sanusi, A., Ismail, Z. Bin, & Saleh, N. (2023). Exploring Teachers’ Didactic Multilingual Competence In Arabic Language Teaching As Foreign Language. Ijaz Arabi Journal of Arabic Learning, 6(3).
Pikri, F. (2022). The Role of the Language Environment in Improving Arabic Learning Abilities. International Journal of Science and Society, 4(2), 346–354.
Podcast, A. (n.d.). Ta’bir (Ekspresi). https://www.youtube.com/c/ArabPodcasts/videos
Priantiwi, T. N., & Abdurrahman, M. (2023). Analisis Konten Pembelajaran Bahasa Arab Pada Media Tiktok. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1365–1371.
Rakhmat, J., & Mulyana, D. (2010). Komunikasi antarbudaya: panduan berkomunikasi dengan orang-orang berbeda budaya. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ramadhan, M. R. (2019). Strategi Pembelajaran untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, 5(5), 56–63.
Rosyidi, A. W., & Ni’mah, M. (2011). Memahami konsep dasar pembelajaran bahasa Arab. UIN-Maliki Press.
Simamora, S. E., Diman, P., Asi, Y. E., Purwaka, A., & Christy, N. A. (2023). Gaya Bahasa Metafora Dalam Novel Konspirasi Alam Semesta Karya Fiersa Besari. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 2(1), 126–143.
Soekarba, S. R. (2019). Buku Al-Arabiyyatu Bayna Yadaik (Analisis Pengajaran Bahasa Arab Dalam Perspektif Lintas Budaya). IJAS: Indonesian Journal of Arabic Studies, 1(2), 69–92.
Syairi, K. A. (2013). Pembelajaran Bahasa dengan Pendekatan Budaya” dalam Dinamika Ilmu Vol. 13.
Tarigan, H. G. (2019). Berbicara; ssebagai suatu keterampilan berbahasa.
Taubah, M., & Dhaifi, I. (2020). Reseptif dan Produktif dalam Bahasa Arab. Lahjah Arabiyah: Jurnal Bahasa Arab Dan Pendidikan Bahasa Arab, 1(1), 33–36.
Umam, L. H., & Chodijah, I. T. C. (2022). Problematika pembelajaran bahasa arab di lingkungan pondok pesantren wali songo sukajadi. Al-Akmal: Jurnal Studi Islam, 1(2), 1–21.
Umam, L. H., Mustofa, Y., Kawijaya, J., Astuti, A. H., & Purwani, A. T. (2023). Implementasi Muhadasah dalam Peningkatan Maharah Kalam Bahasa Arab pada Peserta Didik MTs Negeri 1 Pringsewu. Mau’idhoh Hasanah: Jurnal Riset, 1(9), 211–243.
Wastono, A. T. (2017). Aspek Interkultural dalam Pengajaran Bahasa Arab. Sebagai Bahasa Asing di Indonesia. Seminar Nasional Pengajaran Bahasa, 1–14.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
a. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
b. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
c. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).