KEMAHIRAN QIRĀ'AH DAN KONSIDERASI STRATEGI PEMBELAJARAN
Strategi Pembelajaran, Kemahiran Qira'ah, Tahapan Pembelajar Bahasa Arab
Abstract
Telaah ini berangkat dari fenomena penerapan strategi pembelajaran yang tidak memperhatikan dan mempertimbangkan siswa sebagai subjek pembelajaran. Guru merumuskan perencanaan pembelajarannya berdasar asas selera, dan itu tidaklah objektif. Karena siswa, dengan tahapan usia, kematangan mental dan intelektual yang berbeda semestinya direspon oleh guru dan stake holder instansi pendidikan dengan treatment yang juga berbeda. Dalam tulisan ini, treatment tersebut diwujudkan dalam penentuan dan pemilihan strategi pembelajaran untuk meningkatkan kemahiran qiraah. Strategi pembelajaran kemahiran qiraah untuk anak-anak usia dini (pedagogi) otomatis sangat berbeda dengan strategi pembelajaran untuk orang dewasa (andragogi). Studi pustaka ini bertujuan memetakan strategi-strategi pembelajaran kemahiran qiraah sekaligus menentukan kesesuaiannya dengan tahap pembelajar bahasa yang meliputi: pemula (mubtadi’in), menengah (mutawassithin) dan tingkat lanjut (mutaqaddimin). Sementara itu pemetaan dan penentuan strategi itu juga berlandaskan pertimbangan-pertimbangan, seperti relevansi, efektivitas dan efisiensi. Tulisan ini menghasilkan suatu produk konseptual berupa matriks strategi pembelajaran kemahiran qiraah untuk masing-masing jenjang yang telah disebut sebelumnya.
Downloads
References
Al-Fauzan Abdurrahman bin Ibrahim. dkk, Durus ad-Daurati at-Tadribiyyah li Muallimi al-Lughoti al-Arabiyyah li ghiori an-Nathiqina biha, e-book : www.Islamspirit.com, 1428 H
Al-Khuli Muhammad Ali, Asalib at-Tadris al-Lughoh al-Arabiyyah terj. Hasan Saefullah , Riyadl: Dar al-Ma’arif, 1986
Al-Khulli Muhammad Ali, Asalib tadris al-Lughoh al-Arabiyyah, Oman: Dar al-Falah, 2000
Efendi Ahmad Fuad, Metodologi Pengajaran Bahasa Arab, Malang: Misykat, 2012
Imam Makruf, Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Aktif, Jakarta:Need’s Press, 2009
Kamil Mahmud, Ta’lim al-Lughoh al-Arabiyyah li an-Nathiqina bi Lughotin Ukhro, Makkah: Jamiah Ummul Qura, 1985
Musthofa Syaiful, Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Inovatif, Malang: UIN Maliki Press, 2011
Rikabi Jawdat, Thuruqu Tadris al-Lughoh al-Arabiyyah, Beirut: Dar al-Fikr, 1996
Rosyidi Abd. Wahab dan Mamlu’atul Ni’mah, Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab, Malang: UIN Maliki Press, 2012
Rosyidin Dedeng, Metodik Khusus Pengajaran Bahasa Arab, e-book, Pimpinan Pusat Persatuan Islam Bidang Tarbiyah, Bidang Garapan Pendidikan Dasar dan Menengah
Rusman, Model-Model Pembelajaran:Mengembangkan Profesionalisme Guru, Jakarta:Rajawali Press, 2011
S. Abimanyu dan La Sulo, S. L, Strategi Pembelajaran, Jakarta: Direktorat Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional, 2008
Sanjaya Wina, Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, Jakarta: Kencana, 2011
Syahatah Hasan, ta’lim al-Lughoti al-Arabiyyah baina an-Nadzoriyyah wa at-Tathbiq, Kairo:Dar al-Mishriyyah al-Bannaniyyah, 2002
Zainudin Radliyah, Metodologi dan Strategi Alternatif Pembelajaran Bahasa Arab, Yogyakarta:Rihlah Grup, 2005
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
a. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
b. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
c. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).