Faktor Determinan Peluang Penggunaan Dana Eksternal Pada UMKM

  • Agus Putranto Universitas Sains Al-Qur'an
  • M. Trihudiyatmanto Universitas Sains Al-Qur’an (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo
Keywords:
Peluang Penggunaan Dana Eksternal, Struktur Modal, UMKM

Abstract

Penelitianoini bertujuanountuk mengetahuiofaktor-faktor determinan yang dominan dalam mempengaruhi peluang untuk mendapatkan pendanaan eksternal pada UMKM di Kabupaten Wonosobo. Fokus penelitian ini yaitu peluang UMKM sektor industri makanan di Kabupaten Wonosobo. Sampeloyang digunakanoadalah laporan keuangan industri olahan buah Carica dari 32 perusahaan. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang berupaolaporan keuangan industri Carica tahun 2018. Data laporan keuangan tersebut dianalisis serta dibuat tabulasi. Untukomenguji apakah modeloyang digunakan cukup tepat dalam menganalisis hubungan antar variabel menggunakanalat analisisoregresi denganoprogramoSPSS.

Hasil penelitian menunjukan bahwa ROE, belanja modal, struktus aktiva, dan ukuran perusahaansebagai faktor determinan peluang penggunaan dana eksternal UMKM Kabupaten Wonosobo. Sedangkan jumlah tenaga kerja,umur perusahaan,dan pertumbuhan penjualan tidak berpengaruh. Penelitian ini hanya menggunakan periode waktu pelaporan perusahaan selama satu tahun maka untuk penelitian mendatang disarankanountuk melakukanopenelitian dengan menggunakanoperiode yangolebih lama.

Downloads

Download data is not yet available.

References

ArikuntocS. 2006. cProsedur Penelitian Suatu PendekatancPraktik, Ed Revisi VI, cJakarta:PT Rineka Cipta.
BankcIndonesia. 2011. FivecFinger Philosophy: UpayacPemberdayaan UMKM. dalamcrangka diskusi kelompokcC-2 TemucNasional dan BazarccPengembangan Keuangan Mikroctanggal 24 juli 2002.
Bungin, cBurhan. 2012. AnalisiscData PenelitiancKualitatif. cCetakan kedelapan. cJakarta: cPT Raja GrafindocPersada.
Chandra, cPurdi E. 2002. TrikcSukses Menuju Sukses. cYogyakarta: cGrafika Indah.
Covin, J.Gcdan Slevin, D.P. c1989 Strategic Managementcof Small Firmcin Hostile andcBenignvironment. StrategiccManagement Journal.
Fuad, cAnis dan KandungcSapto Nugroho. 2014. PanduancPraktis Penelitian
Kotler, Philip. c1996. Manajemen Pemasaran Analisisccperencanaan dan pengendalian. cEdisis Kelima. Jakarta:PenerbitcErlangga.
Kotler, Philip. c1997. Manajemen Pemasaran AnalisiscPerencanaan, Implementasi dancPengendalian (terjemahan Jaka Wasana). Jakarta: cSalemba Empat.
Rosdakarya. 78cMulyadi. 2005. Akuntansi Biaya. EdisicKelima. Yogyakarta: cUPPAMP YKPNcUniversitas GajahcMada.
Pramono, cM. 2006. PengembangancUsaha Kecil dancMengah dan Koperasi. Jakarta: PTcGramedia Pustaka.
Scarborough, cNorman, M. 2002. Essentialcof Entrepreneurshipcand Small Business Management. Second Edition. cPrentice Hall. New Jersey.
Sholeh, cMohammad. 2008. AnalisiscStrategi Inovasi DancDampaknya Terhadap KinerjacUsaha Kecil Dan Menengah (UKM). cSemarang:UNDIP.
Subagyo, cJoko P. 2011. cMetode Penelitian dalam Teoricdan Praktek. cJakarta: Rineka Cipta.
Sudarman, cA. 1989. TeoricEkonomi Mikro. BFE. cYogyakarta.
Sugiyono. c2007. Metode Penelitian KuantitatifcKualitatif dancR&D, Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. c2012. MetodecPenelitian Kombinasic (mixed methods) Bandung: Alfabeta.
Suryana. c2013. Kewirausahaanckiat dan prosescmenuju sukses, cJakarta: SalembacEmpat.
Trihudiyatmanto, M. (2019). Pengembangan Kompetensi Kewirausahaan Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing UMKM ( Studi Empirik Pada UMKM Pande Besi di Wonosobo ). Journal of Economic, Management, Accounting and Technology (JEMATech), 2(1), 22–32. Retrieved from https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jematech/article/view/397/357
Published
2019-08-28
How to Cite
PutrantoA., & TrihudiyatmantoM. (2019, August 28). Faktor Determinan Peluang Penggunaan Dana Eksternal Pada UMKM. Journal of Economic, Management, Accounting and Technology, 2(2), 169-175. https://doi.org/https://doi.org/10.32500/jematech.v2i2.742
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 122 times
PDF downloaded = 90 times